PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KEEP IT UP MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sylvia Syaflin Universitas PGRI Palembang
  • Puji Ayurachmawati 2Prodi PGSD, FKIP Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3141

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, korelasi antara teknoligi dan Pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk diintegrasikan. Dalam konteks pembelajaran, kehadiran teknologi yang dikemas dalam media pembelajaran kaan mempermudah baik guru maupun siswa dalam memahami materi ajar secara komprehensif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa multimedia interaktif Keep it up yang berisikan materi pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model penelitian pengembangan yang dipakai yaitu model Rowntree dan Tessmer untuk tahap evaluasi. Ada 3 (Tiga) langkah dalam metode Research and Development yaitu (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Pengembangan (Development), (3) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil dari tahap expert review yaitu multimedia interaktif Keep it up dengan hasil persentase sebesar 4,05 dengan kategori sangat valid. Pada tahap one-to-one peserta didik mengalami kemudahan dalam menggunakan multimedia interaktif, pada tahap small group  angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan multimedia interaktif  Keep it up muatan pelajaran IPA sebesar 90,5% dengan kategori sangat praktis digunakan. Dan pada tahap field test memperoleh skor rata-rata 83. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Keep it up yang dikembangkan ini terbukti valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Keywords:

Multimedia interaktif, keep it up, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sylvia Syaflin, Universitas PGRI Palembang

 

 

References

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Campbell, Reece and Mitchell. (2000) Biologi, Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Carin, Arthur and Sund, Robert.Teaching Science Through Discovery. Colombus, Ohaio: Merrill Publishing Company.

Cheng, K. H., & Tsai, C. C. (2019). A case study of immersive virtual field trips in an elementary classroom: Students’ learning experience and teacher-student interaction behaviors. Computers & Education, 140, Article 103600. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103600

Chi, M. T., & Wylie, R. (2014). The ICAP framework: Linking cognitive engagement to active learning outcomes. Educational Psychologist, 49(4), 219–243. https://doi.org/10.1080/00461520.2014.965823

Christensen, R., & Knezek, G. (2001). Instruments for assessing the impact of technology in education. Computers in the Schools, 18(2–3), 5–25.

Cavalcanti, A. P., Barbosa, A., Carvalho, R., Freitas, F., Tsai, Y. S., Gaˇsevi´c, D., & Mello, R. F. (2021). Automatic feedback in online learning environments: A systematic literature review. Computers & Education: Artificial Intelligence, 2, Article 100027. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100027

Edwards, C., Edwards, A., Spence, P. R., & Lin, X. (2018). I, teacher: Using artificial intelligence (AI) and social robots in communication and instruction. Communication Education, 67(4), 473–480. https://doi.org/10.1080/03634523.2018.1502459

Fütterer, T., Scheiter, K., Cheng, X., & Stürmer, K. (2022). Quality beats frequency? Investigating students’ effort in learning when introducing technology in classrooms. Contemporary Education Psychology. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2022.102042

Gomez, F. C., Trespalacios, J., Hsu, Y. C., & Yang, D. (2022). Exploring teachers’ technology integration self-efficacy through the 2017 ISTE Standards. TechTrends, 66 (2), 159–171. https://doi.org/10.1007/s11528-021-00639-z

Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hrastinski, S., Olofsson, A. D., Arkenback, C., Ekstrom, ¨ S., Ericsson, E., Fransson, G., … Utterberg, M. (2019). Critical imaginaries and reflections on artificial intelligence and robots in post digital K-12 education. Post Digital Science and Education, 1(2), 427–445. https://doi.org/10.1007/s42438-019-00046-x

Lestari. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha

Luckin, R., George, K., & Cukurova, M. (2022). AI for school teachers. CRC Press.

Miarso (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Mishra, Sanjay & Ramesh C. Sharma. (2014). Interactive Multimedia in Education and Training. USA:Idea Group Publishing.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Mishra, P., Koehler, M. J., & Henriksen, D. (2010). The 7 transdisciplinary habits of mind: Extending the TPACK framework towards 21st century learning. Educational Technology, 51(2), 22–28. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.701

Ng, D. T. K., Leung, J. K. L., Chu, S. K. W., & Qiao, M. S. (2021). Conceptualizing AI literacy: An exploratory review. Computers & Education: Artificial Intelligence, 2, Article 100041. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100041

Parker, C. E., Stylinski, C. D., Bonney, C. R., DeLisi, J., Wong, J., & Doty, C. (2019). Measuring quality technology integration in science classrooms. Journal of Science Education and Technology, 28(5), 567–578. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09787-7

Pramono, Andi. (2006). Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi.

Prawido Utomo, Silvia Krisnadewi, dan Rahmad. (2016). Aplikasi Media Pembelajaran dan Pengenalan Organ Tubuh Manusia Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global 6 (2), 91-96.

Prawiro, Sasmito Adi, dan Andjrah Hamzah Irawan. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains dan Seni ITS 1 (1). 28-33.

Prawiradilaga, Dewi S. 2008. Prinsip Desain Pengembangan (Instructional Design Principles). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Popenici, S. A., & Kerr, S. (2017). Exploring the impact of artificial intelligence on teaching and learning in higher education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 22. https://doi.org/10.1186/s41039-017-0062-8

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Raven and Johnson. (1988). Understanding Biology. St Louis, Missouri: Times Mirror/Mosby College Publishing.

Reddit, Usha & Mishra, Sanjaya. (2003). Educational Multimedia: A Handbook for Teacher-Developers. New Delhi: Commonwealth Educational Media Centre for Asia.

Roblyer & Doering. (2013). Integrating Educational Technology into Teaching (6th ed). Boston, MA: Pearson.

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2019). The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers & Education, 128, 13–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.009

Seufert, S., Guggemos, J., & Sailer, M. (2021). Technology-related knowledge, skills, and attitudes of pre-and in-service teachers: The current situation and emerging trends. Computers in Human Behavior, 115, Article 106552. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106552

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Octario Sakti., I Nyoman Sudana Degeng, dan Susilaningsih. (2017). Pengembangan multimedia interaktif IPA kelas V SD pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech 2 (2), 161-166. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index.php/edc-omtech/article/view/2087/1232.

Susilo, S. V. (2018). Refleksi nilai-nilai pendidikan ki hadjar dewantara dalam upaya upaya mengembalikan jati diri pendidikan indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Susilo, S. V., & Prasetyo, T. F. (2020). Bahan Ajar Mobile Learning 2D Berbasis Android: Sebuah Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 587-592.

Syaiful, Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Valtonen, T., Sointu, W., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M., & Makitalo-Siegl, ¨ K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 15–31. https://doi.org/10.14742/ajet.3518

Wang, Y., Liu, C., & Tu, Y. F. (2021). Factors affecting the adoption of AI-based applications in higher education. Educational Technology & Society, 24(3), 116–129.

Wulandari, dkk. (2019). Media pembelajaran interaktif IPA untuk Sekolah Dasar berbasis multimedia. Jurnal Teknik Informatika Krea-tif 7 (1), 11-19. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/334891830_Media_Pembelajaran_Interaktif_Ipa_Untuk_Sekolah_Dasar_Berbasis_Multimedia

Xu, L. (2020). The Dilemma and countermeasures of AI in educational application. In 2020 4th international conference on computer science and artificial intelligence (pp. 289–294).

Downloads

Abstract Views : 502
Downloads Count: 495

Published

2022-10-31

How to Cite

Syaflin, S., & Ayurachmawati, P. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KEEP IT UP MUATAN PELAJARAN IPA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1571–1582. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3141

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.