PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN MATERI IPA DI SD

Authors

  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2602

Abstract

Pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran masih sangat terbatas disebabkan oleh minimnya literasi guru terhadap teknologi. Sejalan dengan perkembangan dunia yang mengacu terhadap perkembangan revolusiindustri 4.0, pelibatan teknologi dalam dunia pendidikan sudah menjadi  sebuah kebutuhan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia berbasis kearifan lokal pada muatan materi IPA yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat tahapan penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 127, Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan 1) Multimedia berbasis kearifan lokal dikategorikan valid dengan nilai kevalidan yang diperoleh dari para validator untuk setiap aspek materi, media, dan bahasa secara berturut-turut sebesar 89,3 %, 90,6 % dan 88,3 %. 2) Multimedia berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat praktis untuk digunakan dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, setelah dilakukan uji coba kepada siswa kelas VI SD Negeri 127 Palembang.

Keywords:

multimedia, kearifan lokal, materi IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyana dkk, E. A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. JPSD 2 (2).

Armawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chipangura, A., & Aldridge, J. (2017). Impact of multimedia on students’ perceptions of the learning environment in mathematics classrooms. Learning Environments Research, 20(1), 121–138. https://doi.org/10.1007/s10984-016-9224-7

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Deliyannis, I. (2012). Interactive multimedia. InTech. https://libgen.is/book/index.php?md5=6C04A7847EE336947B78D02D12542926

Dousay, T. A. (2016). Effects of redundancy and modality on the situational interest of adult learners in multimedia learning. Educational Technology Research and Development, 64(6), 1251–1271. https://doi.org/10.1007/s11423-016-9456-3

Ginting, S. J. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Brastagi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1.

Krüger, J.M.; Bodemer, D. (2022). Application and Investigation of Multimedia Design Principles in Augmented Reality Learning

Environments. Information 13, 74. https://doi.org/10.3390/ info13020074

Kuo Y-C, Lin H-CK, Tsai W-W, Lin Y-H and Li C-T (2022) Effects of Two-Tier Self-Explanation and Attention Cueing Strategy on the Learning Achievement in Distance Multimedia Learning. Front. Educ. 7:918471. doi: 10.3389/feduc.2022.918471

Mannan, M. N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Positif Siswa SD. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2).

Mayer, R. 2 Science of Learning: Determining How Multimedia Learning Works. In Multimedia Learning; Cambridge University Press: Cambridge, UK, 2020; pp. 29–62, ISBN 978-1-316-94135-5

Muktiani, N. R., Soegiyanto, Siswantoyo, Rahayu, S., & Hermawan, H. A. (2022).

Augmented reality mobile app-based multimedia learning of Pencak Silat to enhance the junior high school students’ learning outcomes. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 41(2), 553-568 https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.49217

Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sartono, E. K. E., Sekarwangi, T., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on cultural diversity to improve the understanding of civic concepts and learning motivation. World Journal on Educational Technology: Current Issues. 14(2), 356-368. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i2.6909

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Penelitian Pendidikan (Cetak ke - 1). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarna, K. D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Sya'ban, M. (2014). Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2).

Ussher, J., Damoah, D., Ansong, E. D., Quarshie, H., Adjetey, C., & Poakwah, G. (2014). The effectiveness of interactive multimedia courseware as instructional medium for teaching. British Journal of Education, 2(5). https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/The-Effectiveness-of-Interactive-MultimediaCourseware-as-Instructional-Medium-for-Teaching.pdf

Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instrument Based On Local Wisdom to Improve Student Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1).

Downloads

Abstract Views : 1355
Downloads Count: 1085

Published

2022-07-31

How to Cite

Puji Ayurachmawati, Sylvia Lara Syaflin, & Mega Prasrihamni. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN MATERI IPA DI SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 941–949. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2602

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.