PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762Abstract
Sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka harus digantikan dengan pembelajaran daring (online). Hal ini membuat beberapa peserta didik memiliki kemampuan operasi hitung perkalian yang rendah. Seiring berjalan waktu, sistem pembelajaran terus mengalami perubahan yang baik dan kembali diberlakukan pembelajaran tatap muka. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajan kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik pada materi perkalian dasar di kelas III SDN Lenteng Agung 07 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas III SD yang berjumlah empat kelas dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Penenliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas eksperimen dan model pembelajaran pendekatan konvensional di kelas kontrol. Hasil akhir posttest pada kelas eksperimen sebesar 82, 26 dan kelas kontrol sebesar 59, 86. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik.
Keywords:
kemampuan matematika, kooperatif, make a match, operasi hitung perkalianDownloads
References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Elsani;, H., Maula;, L. H., & Uswatun., D. A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring. 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.77
Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). 3(April), 59–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Idham Sumirat, Trimurtini, W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9368
Irwan, S., Thamrin, & Budayawan, K. (2016). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa dan Fasilitas Praktikum terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (TKB) Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Batipuh. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v4i1.5846
Izzah, N., Asrizal, & Festiyed. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Ipa Dan Pendahuluan Belajar di harusnya konteks , terkait dengan kehidupan komunitas , berpusat pada siswa dan kolaboratif ( Asrizal , Amran , Ananda , Kurikulum hanya ‘ basic material ’ bukan ‘ fixed price ’,. 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495
Lelawarna. (2018). Effort Increasing Learning Result Of Communication Operations Calculating Methods Using Napier Bone Students Class Students In Basic Schools 12 Tebat Karai. Jurnal PGSD, 11(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.112-119
Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran. September. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896
Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.9
Pertiwi, I. N., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412
Refianti, M. (2019). Kemampuan operasi perkalian siswa tunanetra menggunakan metode jarimatika. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, September, 60–67.
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302
Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi. 5(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085
Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171
Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI, 1, 225. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068
Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sarah Amalia Putri, Khavisa Pranata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).