PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sarah Amalia Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Khavisa Pranata Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762

Abstract

Sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka harus digantikan dengan pembelajaran daring (online). Hal ini membuat beberapa peserta didik memiliki kemampuan operasi hitung perkalian yang rendah. Seiring berjalan waktu, sistem pembelajaran terus mengalami perubahan yang baik dan kembali diberlakukan pembelajaran tatap muka. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajan kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik pada materi perkalian dasar di kelas III SDN Lenteng Agung 07 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas III SD yang berjumlah empat kelas dan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Penenliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas eksperimen dan model pembelajaran pendekatan konvensional di kelas kontrol. Hasil akhir posttest pada kelas eksperimen sebesar 82, 26 dan kelas kontrol sebesar 59, 86.  Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik.

Keywords:

kemampuan matematika, kooperatif, make a match, operasi hitung perkalian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816

Elsani;, H., Maula;, L. H., & Uswatun., D. A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring. 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.77

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). 3(April), 59–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Idham Sumirat, Trimurtini, W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9368

Irwan, S., Thamrin, & Budayawan, K. (2016). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa dan Fasilitas Praktikum terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (TKB) Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Batipuh. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 4(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v4i1.5846

Izzah, N., Asrizal, & Festiyed. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Ipa Dan Pendahuluan Belajar di harusnya konteks , terkait dengan kehidupan komunitas , berpusat pada siswa dan kolaboratif ( Asrizal , Amran , Ananda , Kurikulum hanya ‘ basic material ’ bukan ‘ fixed price ’,. 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495

Lelawarna. (2018). Effort Increasing Learning Result Of Communication Operations Calculating Methods Using Napier Bone Students Class Students In Basic Schools 12 Tebat Karai. Jurnal PGSD, 11(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.112-119

Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran. September. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896

Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.622

Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.9

Pertiwi, I. N., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Refianti, M. (2019). Kemampuan operasi perkalian siswa tunanetra menggunakan metode jarimatika. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, September, 60–67.

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302

Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi. 5(1), 17–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/crc.v5i1.8085

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171

Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal INPAFI, 1, 225. https://doi.org/10.24114/jpb.v9i2.19078

Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068

Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667

Downloads

Abstract Views : 1164
Downloads Count: 1016

Published

2022-10-26

How to Cite

Sarah Amalia Putri, & Khavisa Pranata. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002–1010. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2762

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.