PEMBELAJARAN MENULIS RINGKASAN DENGAN METODE AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI BERBANTUAN TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2860Abstract
Keterampilan menulis ringkasan merupakan keterampilan berbahasa yang cukup rumit karena tergolong ke dalam keterampilan menulis reproduktif yaitu membuat tulisan baru dengan ringkas dari tulisan yang ada. Keterampilan menulis ringkasan siswa sekolah dasar tergolong cukup rendah. Berdasarkan riset sebelumnya yang peneliti lakukan terhadap 19 partisipan dari kelas V SDN Kadipaten VII, menunjukkan bahwa siswa masih kurang baik dari segi penggunaan bahasa dalam menulis ringkasan dengan nilai rata-rata sebesar 40. Hasil penelitian Imaniar (2019) memperlihatkan bahwa 80% atau 24 siswa mendapatkan nilai menulis ringkasan di bawah kriteria ketuntasan minimal yang diberlakukan. Penerapan metode ATM berbantuan teknik mind mapping (pemetaan pikiran) menjadi salah satu solusi guna meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa melalui penerapan metode ATM berbantuan teknik mind mapping di sekolah dasar. Pre-experimental dengan one group pretest-posttest design dipilih sebagai metode penelitian. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas V SD se-Kecamatan Kadipaten dengan sampel penelitian sebanyak 34 siswa di salah satu kelas V SD di Kecamatan Kadipaten. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan menulis ringkasan. Data diolah menggunakan pengujian statistik yaitu uji normalitas, uji beda rata-rata, dan uji N-gain. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai pretest ialah 51,46, rata-rata nilai posttest ialah 73,77, dan N-gain sebesar 0,4028. Dengan demikian, metode ATM berbantuan teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa sekolah dasar secara signifikan. Metode ATM berbantuan teknik mind mapping dapat diterapkan dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis ringkasan di sekolah dasar.
Keywords:
keterampilan menulis ringkasan, metode ATM, teknik mind mappingDownloads
References
Aprinawati, I. (2017). Penerapan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IVB SD Negeri 007 Bangkinang. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 7(1), 19–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6398
Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 182–192. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.861
Ermaneli. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Peta Konsep bagi Siswa Kelas VI SDN 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 70–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/02164jpgi0005
Goffar, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kasreman dengan Metode Investigasi Kelompok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Herlina, R., Iswara, P. D., & Kurniadi, Y. (2016). Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 881–890. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2878
Imaniar, R. D. S. H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan melalui Strategi Everyone is Teacher Here Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(7), 3731–3740.
Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Menulis dan Berbicara di Sekolah Dasar. 387–394.
Lusiana, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan pada Siswa Kelas V SDN 2 Nyuhtebel. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 541–553.
Magdalena, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan melalui Model Pembelajaran Teknik CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition). Deiksis, 9(2), 198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1605
Morissan. (2016). Statistik Sosial. Jakarta: Kencana.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 121(1), 19–23. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297
Prabowo, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Non Fiksi melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53826
Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Setiati, Y., Priyadi, A. T., & Martono. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan dengan Metode Cooperative Script. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.6936
Sobolo, K., Rahim, A. R., & Munirah, M. (2021). Keefektifan Model STAD, ATM, dan Pemodelan Struktur Teks terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.66
Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3220
Sundayana, H.R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suparmi, S., Marhaeni, A., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis ditinjau dari Kemampuan Verbal pada Siswa Kelas IV SDN 1 Dajan Peken Tabanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 12–20.
Syahid, A. A. (2016). Resensi Buku: Membuka Pemikiran Baru tentang Belajar dan Pembelajaran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i1.2361
Widyastuti, L., Iswara, P. D., & Isrok’atun. (2017). Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meringkas Cerita. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 91–100. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9530
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.311.1
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rachmawati, Prana Dwija Iswara, Aah Ahmad Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).