PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI TEKNIK KOLASE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2668Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kreativitas siswa yang masih rendah. salah satu kegiatan pembelajaran yang diduga dapat mengembangkan kreativitas anak adalah dengan kegiatan membuat karya kolase. Dalam kegiatan membuat kolase, anak dapat berkreasi sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan teknik kolase. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas IV SDN Ciseureuh tahun ajaran 2021/2022 yang ber jumlah 14 partisipan, terdiri dari 3 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 50,45 kategori mulai berkembang, pada siklus I meningkat menjadi 74,11 kategori berkembang sesuai harapan, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50 kategori berkembang sangat baik. Dari hasil tersebut maka maka kesimpulan penelitian ini adalah metode kolase dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN Ciseureuh.
Keywords:
kreativitas, seni rupa, teknik kolaseDownloads
References
Alfonso-Benlliure, V., & Santos, M. R. (2016). Creativity development trajectories in Elementary Education: Differences in divergent and evaluative skills. Thinking Skills and Creativity, 19, 160-174.
Ambarwati, S. V. (2014). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.
Antonietti, A., Colombo, B., & Pizzingrilli, P. (2011). Editorial-Educating Creativity. The Open Education Journal, 4, 34-35.
Bernadi, R. M. A. (2017). Peningkatan kreativitas siswa kelas IV SD melalui pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan open-ended. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 91-101.
Brundrett, M. (2007). Bringing Creativity Back into Primary Education. Education 3-13, 35, 105-107.
Davies, D., Jindal-Snape, D., Collier, C., Digby, R., Hay, P., & Howe, A. (2013). Creative Learning Environments in Education—A Systematic Literature Review. Thinking Skills and Creativity, 8, 80-91.
Griffiths, M. (2014). Encouraging Imagination and Creativity in the Teaching Profession. European Educational Research Journal, 13, 117-129.
Hu, W., & Adey, P. (2002). A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education, 24(4), 389-403.
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213-219.
Kaplan, D. E. (2019). Creativity in education: Teaching for creativity development. Psychology, 10(2), 140-147.
Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggunakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 19. https://doi.org/10.29210/3003297000
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (edisi 1). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif : Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal of Education Research, 1(1), 1-8.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan Pembelajaran Steam Melalui Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Pelita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504-511.
Nuruddin, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa Sd Kelas Awal Mahasiswa Pgsd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari. Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103.
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127.
Richardson, C., & Mishra, P. (2018). Learning Environments that Support Student Creativity: Developing the SCALE. Thinking Skills and Creativity, 27, 45-54.
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifk untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81.
Shaheen, R. (2010). Creativity and Education. Creative Education, 1, 166-169.
Tirtayati, N. P. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2014). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Ucus, S. (2018). Exploring Creativity in Social Studies Education for Elementary Grades: Teachers' Opinions and Interpretations. Journal of Education and Learning, 7(2), 111-125.
Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 julfatujahra, Luthfi Hamdani Maula, Iis Nurasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).