KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2669Abstract
Ketidakmampuan siswa dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam bentuk tulisan menjadi perhatian guru. Oleh karena itu, sudah semestinya guru harus memperhatikan kemampuan siswa dalam menuangkan gagasan dalam bentuk tertulis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas V Sekolah Dasar di SDN Perumnas Suradita. Pada penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah wali kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara serta dokumen pembelajaran. Tahapan pada analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri mendapatkan hasil yang optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan sebagian besar siswa memiliki kemampuan menulis pada kategori sangat baik dan baik. Oleh karena itu, media gambar seri dapat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen.
Keywords:
gambar seri, kemampuan, menulis cerpenDownloads
References
Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78–90. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424
Amaliyah, R. (2015). Analisis Faktor-faktor Penghambat Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas V di SD Inklusi Kota Tegal. Lib.Unnes.Ac.Id, 1–226.
Aminatun, D., Ngadiso, N., & Marmanto, S. (2019). Applying PLEASE Strategy to Teach Writing Skill on Students with Different Linguistic Intelligence. Teknosastik, 16(1), 34–40. https://doi.org/10.33365/ts.v16i1.120
Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.
Bhalla Prem. (2017). Tatacara Ritual dan Tradisi Hindu. (Surabaya: Paramita, 2010). Paramita, 3(1), 78–95.
Darusuprapti, F. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Pop Up Untuk Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sidokarto Godean Sleman Yogyakarta. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–15.
Fransiska, E. (2020). Penggunaan Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 Sdi Onekore 6. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 3(November), 41–51.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2019). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. 1(6), 280–286.
Harahap, M. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman. Jurnal MANHAJ, 18(IX), 2643–2653. http://dx.doi.org/10.1038/ni.1913
Isnaini, L., & Yamin, M. (2019). Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Pop Up Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 26 Banda Aceh. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 1–7.
Karina, F. H., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Media Gambar Seri Di Kelas Rendah. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1), 14–22.
Ketut Juliawati, Sutama, I., & Gunatama. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 1–10.
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Marjasuwati, M. (2021). Peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 90. https://doi.org/10.29210/02943jpgi0005
Maulina, H., Hariana Intiana, S. R., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Rao, P. S. (2019). The significance of writing skills in ell environment. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 9(3), 5. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2019.00035.1
Rusli, Nurmala, W. O., Saiful, & Mane, L. J. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Kelas VI SD Negeri 27 Buton. Jurnal Syatar (Studi Ilmu-Ilmu Hukum Dan Pendidikan), 1(2), 127.
Subakti, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1–7. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.67
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171–184. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.1941
Suroiya, S. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Gambar Seri Berbasis Digital Pada Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 9 Semester 1 Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2084–2092.
Wakiah, C. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narrative Text Siswa Kelas Viii F Di Mtsn 1 Pandeglang Melalui Media Gambar Berseri. Jupendik : Jurnal Pendidikan, 4(1), 2016–2021.
Yusrina. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(2), 132–144.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 rusty saraswati, Wini Tarmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).