PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru. Kompetensi berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran agar menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemampuan pedagogik guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini untuk mengidentifikasi suatu kemampuan pedagogic guru dalam melakukan pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan pendekan metode kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru kelas di sekolah dasar. Pengambilan data melalui guru kelas pada kelas 5 di SDN DUKUH 09 PAGI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat mengajak siswa untuk berpikir kritis, mengemukan sebuah pendapat, menanamkan mental keberanian dalam berpendapat dengan menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa tidak menjadi pasif ketika mengikuti pembelajaran dikelas. Penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran menunjang keterampilan berpikir kritis siswa dan guru harus mempersiapkan secara seksama agar metode diskusi kelompok dapat diterapkan dengan baik.
Keywords:
kompetenso pedagogik guru, metode diskusi kelompok, keterampilan berpikir kritisDownloads
References
Amaliyah, N. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Gosyen Publishing.
Amaliyah, N., & Handayani, L. R. (2021). The Use of Application Namely Quizizz in Elementary School Students’ Outcomes . Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020), 547(Icnsse 2020), 42–48. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210430.007
Amin, M. A. S. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202.
Amin, S., & Khotimah, S. (2016). Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN Beru 02 Wling. J-PIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 135–142. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Andawiyah, H., Amran, M., & Hasin, B. P. (2022). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di SD Negeri Kalikajar Wetan. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 173–179.
Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The effects of subject-based critical thinking education in mathematics on students’ critical thinking skills and virtues*. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(92), 99–120. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6
Asari, S., Fauziyah, N., & Uchtiawati, S. (2018). Improving Teacher Pedagogic Competences in Remote Areas through Lesson Study Activity. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(2), 53. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.2p.53
Aswad, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion)Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas V Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 135. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3112
Aswan, J. (2020). The Implementation of Discussion Method in Special Features of Plants Learning at SDN 02 Delta Pawan. International Journal of Learning and Instruction (IJLI), 2(1), 39. https://doi.org/10.26418/ijli.v2i1.40754
Dian, N. L., Asri, I. G. . A. S., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 20–31. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28900
Duha, M. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Progresif pada Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 8(3), 130–133.
Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7.
Fitriana, F. (2022). Implementasi Metode Diskusi Dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTS An-Najiyyah Lengkong. In Skripsi (Issue Mei). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Granatuma, H. F., & Fatayan, A. (2022). Analisis Prestasi Peserta Didik Dilihat dari Sistem Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Basicedu, 6(3), 4598–4504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2828
Guru, P., Dasar, S., Belajar, H., & Point, M. P. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 4574–4581.
Jagad Aditya Dewantara1, T. H. N. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. 11.
Juramika, J. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Oleh Guru Pai Di Sma Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. El-Hekam, 4(2), 129. https://doi.org/10.31958/jeh.v4i2.2014
Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
laila Hanum, adrianus dedy, dan M. ferdiansyah. (2021). Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas IV Pada Diskusi Pembelajaran PKn SD Negeri 33 Palembang. 1, 41–47.
Manullang, J., Sidabutar, H., & Manullang, A. (2022). Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 502–509. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.39268
Menge, T. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan Bagi Siswa Kelas II SDI Ende 10. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 12–21. http://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/literasi/article/view/1770
Nurcahya, D. K. (2019). Analisis Dekadensi Moral dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 114–121.
Nurhatta. (2021). Efektifitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pai Di Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis T.A 2020/2021. Jurnal PhysEdu Pendidikan Fisika IPTS, 3(3), 26–31.
Ratnadi, N. K. S. (2018). Metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(3), 156–164.
Rusmiati, N. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486
Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45083
Susanto, R. (2017). Analisis Keterkaitan Kepemimpinan Guru Di Kelas dan Pola Pendekatan Bimbingan Terhadap Pembentukan Nilai dan Karakter Anak Didik Usia Sekolah Dasar. Prosiding Inovasi PGSD, 164–178.
Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marwah Sholihah Marwah Sholihah, Nurrohmatul Amaliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).