PENGEMBANGAN SOAL TEMATIK HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3290Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan soal tematik higher order thinking skill (HOTS) yang valid dan reliabel untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar dan mengetahui efek potensial yang muncul ketika siswa mengerjakan soal tematik HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development). Model R & D formative research (Tessmer). Pengembangan soal ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, tahap proses evaluasi formatif (peneltian diri, penilaian ahli, uji satu-satu, kelompok kecil), dan tahap uji lapangan. Subjek penelitian digunakan 23 orang siswa kelas V SD Negeri 2 Tlogorejo Pagak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan angket. Penelitian ini membuat 10 soal tematik HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa meliputi indikator berpikir kreatif yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan berpikir elaboratif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh instrumen tes valid, nilai validasi sebesar 87,5% dan nilai sangat layak, reliabel dengan interprestasi sangat tinggi dengan nilai 0,85 dan efek potensial yang dicapai siswa adalah hasil persentase melalui indikator berpikir kreatif berikut berpikir lancar 65,16%, berpikir luwes 49,6%, dan berpikir elaboratif 13%.
Keywords:
berpikir kreatif, pengembangan soal tematik HOTSDownloads
References
Abidin, J., Raheti, E., dan Afrilianto, M. 2018. Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif); 779-784. Tersedia pada: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1384.
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R. 2010. Merlin C. Wittrock and the Revision of Bloom’s Taxonomy. Educational Psychologist; 45: 64-65. Tersedia pada: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/00461520903433562?scroll=top&needAccess=true.
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. 2012. Reliationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education; 1 (3): 1-4. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/338549060_Relationship_of_Creative_Thinki ng_with_the_Academic_Achievements_of_Secondary_School_Students.
Arifin, Zaenal. 2017. Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics); 2 (1): 28-36. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/228883541.pdf.
Arini, Wahyu., dan Asmila, Asista. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VII SMP Xaverius Kota Lubuklinggau. Science anda Physics Education Journal (SPEJ); 1 (1): 23-38. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/256166-analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-pada634db41a.pdf.
Conklin, W. 2012. Higher-order thinking skills to develop 21st century learners. Huntingon Beach: Shell Educationl Publishing, Inc.
Farihah, Nailul., Imanah, Ulil Nurul., Hidayati, Eka Wahyu. 2018. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. Jurnal Majamath; 1(2): 142-154. Tersedia pada: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/294.
Ghufron, N. Rini, R. S. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hewi, La., Shaleh, Muh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi; 4(1): 30-41. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/327209085.pdf.
King, F. J., Goodson, L., Rohani, F. 1998. Higher Order Thinking Skills. Publication of the Educational Services Program, Now Known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Tersedia pada: http://www.cala.fsu.edu/files/higher_ order_thinking_skills.pdf.
Martina. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Teorama Phytagoras Kelas VIII SMP Citra Samata Kab. Gowa. [skripsi]. Makassar (ID): Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Tersedia pada: https://repositori.uin-alauddin.ac.id/7956/.
Nugroho, Arifin, R. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Grasindo.
Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Soal Higher Order Thinking Skills. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran; 7(2): 281-290. Tersedia pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/281-290/pdf.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2021. Asesmen Nasional. Tersedia pada: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf.
Ruslan, A. S. & Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano; 4(2): 138-150. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/3138/3170.
Sarining Sekar, Desak Ketut., Pudjawan, Ketut., Margunayasa, I Gd. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kretaif dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Pemaron Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha; 3(1). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5823/4212.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta,
Widhiyani, I.A.N. T., Sukajaya, I.N., Suweken, G. 2019. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan MAsalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Penddikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia; 8 (2). Tersedia pada: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/download/2854/1457.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesia Student Teacher. Dissertation. University of Twente, Enschede. The Netherlands. Published Dissertation.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Febrian Riski Kurniawan, Yulia Eka Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).