PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Afifah Meiliyana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Ade Hikmat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2816

Abstract

Kemampuan menulis puisi yang masih rendah diantara siswa kelas IV SD Negeri Kapuk 08 Petang membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengeksplorasi kemampuan yang siswa miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri Kapuk 08 Petang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Exsperiment dan menggunakan tipe pretest posttest design. Sampel yang digunakan berasal dari kelas IV A dan IV dengan jumlah masing-masing sebanyak 31 siswa. Peneliti melakukan pengujian kualitas instrument terlebih dahulu sebelum menggunakan instrument untuk uji lebih lanjut. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t independent sample. Hasil penelitian ini adalah 1) ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara kelas experiment pretest dengan kelas experiment posttest. 2) ada perbedaan tanggapan siswa tetang pendekatan CTL antara kelas experiment pretest dengan kelas experiment posttest.

Keywords:

media pembelajaran, menulis puisi, contextual teaching and learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Sinta Maria. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1–8.

Dzikrina, Alya Nabilah Putri, & Puspitasari, Nur Aini. (2022). Model Contextual teaching learningTerhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6975–6980. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3441

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gita, Nurul Azmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Air (Auditory Intellectualy Repetition) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Volume Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Pamolokan II Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2018/2019. STKIP PGRI Sumenep.

Kara, Raka Bagas, Fathurohman, Irfai, & Fajrie, Nur. (2020). Improving Poem Writing Skill Through Smart Ludo Media For Grade IV Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 496–504.

Karim, Abdul. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Formatif, 7(2), 144–152.

Kosmajadi, E., & Rohaeni, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 23–33.

Magdalena, Ina, Ulfah, Marifatul, & Nikmah, Siti Zaedatun. (2020). Pembelajaran Antara Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Karolina. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 17–29.

Muhammadi, Taufina Taufik. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Muslich, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim, Arifin. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Di Kelas V SD Negeri 2 Kalitinggar Purbalingga. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia SEMANTIK, 47–58.

Muthoharoh, Lutfi, Mardiati, Yayuk, & Fitriyah, Chumi Zahroul. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal EDUKASI, 7(2), 9–12.

Pebriana, Putri Hana. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 95. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144

Pratiwi, Alcheca Dinari, Yayuk, Erna, & Widjaja, Jani Rima. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Ctl Pada Tema 5 Subtema 3 Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 1–6.

Ranam, Sanudin, & Amaliyah, Dini. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Research and Development Journal Of Education, 3(2), 131–144.

Resti, Dwi, & Halidjah, Siti. (2019). Pengaruh Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 12 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), 1–9.

Rosmayanti, Ervi, Supriyanto, Teguh, & Sunarso, Ali. (2020). Developing Poetry Writing Teaching Materials Based On Environment and Local Culture for The Fourth Graders. Journal of Primary Education, 9(1), 25–32.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: Rajawali Press.

Sari, Nur Indah, & Randi, Randi. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4438

Solihah, Lilis. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 15–25.

Sultoni, A. (2016). Pendidikan Karakter Dan Kemajuan Negara. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 167–188.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti, Dheny Asti. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 16–31.

Downloads

Abstract Views : 946
Downloads Count: 595

Published

2022-10-26

How to Cite

Afifah Meiliyana, & Ade Hikmat. (2022). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1047–1055. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2816

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.