PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2816Abstract
Kemampuan menulis puisi yang masih rendah diantara siswa kelas IV SD Negeri Kapuk 08 Petang membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengeksplorasi kemampuan yang siswa miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri Kapuk 08 Petang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Exsperiment dan menggunakan tipe pretest posttest design. Sampel yang digunakan berasal dari kelas IV A dan IV dengan jumlah masing-masing sebanyak 31 siswa. Peneliti melakukan pengujian kualitas instrument terlebih dahulu sebelum menggunakan instrument untuk uji lebih lanjut. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t independent sample. Hasil penelitian ini adalah 1) ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara kelas experiment pretest dengan kelas experiment posttest. 2) ada perbedaan tanggapan siswa tetang pendekatan CTL antara kelas experiment pretest dengan kelas experiment posttest.
Keywords:
media pembelajaran, menulis puisi, contextual teaching and learningDownloads
References
Dewi, Sinta Maria. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1–8.
Dzikrina, Alya Nabilah Putri, & Puspitasari, Nur Aini. (2022). Model Contextual teaching learningTerhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6975–6980. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3441
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gita, Nurul Azmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Air (Auditory Intellectualy Repetition) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Volume Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Pamolokan II Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2018/2019. STKIP PGRI Sumenep.
Kara, Raka Bagas, Fathurohman, Irfai, & Fajrie, Nur. (2020). Improving Poem Writing Skill Through Smart Ludo Media For Grade IV Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 496–504.
Karim, Abdul. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Formatif, 7(2), 144–152.
Kosmajadi, E., & Rohaeni, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Pikiran. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 23–33.
Magdalena, Ina, Ulfah, Marifatul, & Nikmah, Siti Zaedatun. (2020). Pembelajaran Antara Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Karolina. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 17–29.
Muhammadi, Taufina Taufik. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Muslich, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslim, Arifin. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Di Kelas V SD Negeri 2 Kalitinggar Purbalingga. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia SEMANTIK, 47–58.
Muthoharoh, Lutfi, Mardiati, Yayuk, & Fitriyah, Chumi Zahroul. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal EDUKASI, 7(2), 9–12.
Pebriana, Putri Hana. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 7(2), 95. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144
Pratiwi, Alcheca Dinari, Yayuk, Erna, & Widjaja, Jani Rima. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Ctl Pada Tema 5 Subtema 3 Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 1–6.
Ranam, Sanudin, & Amaliyah, Dini. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Research and Development Journal Of Education, 3(2), 131–144.
Resti, Dwi, & Halidjah, Siti. (2019). Pengaruh Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 12 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), 1–9.
Rosmayanti, Ervi, Supriyanto, Teguh, & Sunarso, Ali. (2020). Developing Poetry Writing Teaching Materials Based On Environment and Local Culture for The Fourth Graders. Journal of Primary Education, 9(1), 25–32.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua). Jakarta: Rajawali Press.
Sari, Nur Indah, & Randi, Randi. (2021). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4438
Solihah, Lilis. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 15–25.
Sultoni, A. (2016). Pendidikan Karakter Dan Kemajuan Negara. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 167–188.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti, Dheny Asti. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung). Universitas Muhammadiyah Magelang.
Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 16–31.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Afifah Meiliyana, Ade Hikmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).