HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2768Abstract
Karakter serta moral anak bangsa pada pasca pandemik Covid-19 semakin mengkhawatirkan. Hal ini yang dapat merusak generasi muda bangsa. Maka, orang tua berperan dalam memberikan penguatan serta pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan karakter religius siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitussalam Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dari data yang diperoleh melalui pengumpulan data berupa angket pola asuh orang tua dan angket karakter religius siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitussalam sebanyak 56 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa, dengan Teknik random sampling dengan uji validitas menggunakan korelasi pearson product moment serta uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi sederhana berbantuan IBM SPSS-25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan karakter religius siswa. Adanya kontribusi yang positif, orang tua perlu memantau, memperhatikan rutinitas ibadah, mengigatkan ibadah tepat waktu, mengingatkan membaca untuk membaca Al-Qur’an dan memberi sanksi jika anak tidak beribadah.
Keywords:
pendidikan karakter, pola asuh orang tua, religiusDownloads
References
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.
Amin, A., & Alimni, A. (2019). Implementasi Bahan Ajar PAI Berbasis Sinektik Dalam Percepatan Pemahaman Konsep Abstrak Dan Peningkatan Karakter Siswa SMP Kota Bengkulu, (Online), (http://repository.iainbengkulu.ac.id/2940/) diakses 18 April 2019.
Ashari, B. H., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif Dan Tabulasi Silang Pada Konsumen Online Shop Di Instagram (Studi kasus 6 universitas di kota Surabaya). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), D12–D16.
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. PT Rajagrafindo Persada, Depok, 90–100.
Darmaji, D., Ulfatin, N., & Mustiningsih, M. (n.d.). Performansi Karakter Semangat Kebangsaan Dan Manajemen Pembelajarannya Pada Sekolah Dasar Umum Dan Keagamaan. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 1–15.
Ginting, A. H. B., & Ichsan, I. (2021). Pola Asuh Orangtua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted. El Midad, 13(1), 1-9. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad
Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, 5(2), 193-208. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Handayani, T., Ms, Z., & Yudha, C. B. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Berbasis Ekopedagogik. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 36-42.
Harmilasari, R. U. M., Nugrahini, W. A., & Wati, P. Y. Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pola Asuh Orang Tua Untuk Perangi Tindakan Bullying. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 134-141
Huff Aimee, D., & June, C. (2016). The Evolving Family Assemblage: How Senior Families. Do” Family,” European Journal of Marketing, 50(5/6), 892–915.
Hurlock, E. B. (1999). Chlid Development Jilid II, terjemahan Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Isnaini Martuti, & Isna. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas XI SMAN 09 Di Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, (Online), (http://repository.iainbengkulu.ac.id/2940/) diakses 6 April 2021.
Kajian, J., Pendidikan, I. &, Ali, M., Prasetiya, B., Halili, H. R., Tinggi, S., Islam, A., Probolinnggo, M., & Penulis, K. (n.d.). Al-Qalam Pengaruh Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Mi Miftahul Jannah. 13(2), 2021. http://journal.al-qalam.iaims.ac.id
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46.
Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Sendika, 2(1), 1–11. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1058
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Jakad Publishing Surabaya
Noyita, E. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa, (Online), (https://osf.io/preprints/up4wt/) diakses 3 Agustus 2020
Nur Wangid, M. (2022). Kontribusi Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Berbasis Agama Terhadap Religiositas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 259-267. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1936
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274
Steinmetz, S. K. (Ed.). (2013). Family and support systems across the life span. Springer Science & Business Media LLC.
Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.
Vermeer, P. (2014). Religion and family life: An overview of current research and suggestions for future research. Religions, 5(2), 402–421.
Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya Dan Kewargaan. Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, (pp. 55–58).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ochita Ratna Sari, Trisni Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).