PENGEMBANGAN MODUL IPAS UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mutia Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kurniasih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mela Darmayanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2976

Abstract

Berdasarkan pada hasil tes kemampuan kesiapsiagaan bencana yang dilakukan di SDN GRMND Bandung kepada siswa kelas V (Fase C) menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 58,25 atau berkategori kurang baik. Rendahnya kesiapsiagaan bencana tersebut disebabkan karena perangkat pembelajaran kesiapsiagaan bencana untuk siswa Sekolah Dasar masih jarang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengembangkan desain modul yang dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang mengacu kepada Kurikulum Merdeka berbasis model pembelajaran Learning Cycle serta hasil validasi modul yang telah dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian Design and Development oleh Richey dan Klein. Penelitian ini menggunakan model PPE (Planning, Production, and Evaluation) dengan melibatkan ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan 20 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui worklog, validasi ahli dan penilaian siswa yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul IPAS yang disusun secara sistematis terdiri dari 12 komponen. Dalam proses pengembangannya, modul ini melalui satu kali proses validasi dan revisi berdasarkan masukan yang telah diberikan untuk mendapatkan final product dan meningkatkan kualitas modul. Modul yang dikembangkan mendapatkan hasil persentase 93.825% dengan kategori sangat layak digunakan berdasarkan hasil akhir presentase uji kelayakan modul oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan penilaian siswa.

Keywords:

IPAS, kelas V (fase C), kesiapsiagaan bencana, learning cycle, modul

Downloads

Download data is not yet available.

References

capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, (2022) (testimony of Anindito Aditomo).

Amri, A., Bird, D. K., Ronan, K., Haynes, K., & Towers, B. (2017). Disaster risk reduction education in Indonesia: Challenges and recommendations for scaling up. Natural Hazards and Earth System Sciences, 17(4), 595–612. https://doi.org/10.5194/nhess-17-595-2017

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penulisan Modul. In Penulisan Modul (Vol. 98, Issue 1). Departemen Pendidikan Nasional.

Duran, L. B., & Duran, E. (2004). The 5E Instructional Model: A Learning Cycle Approach for Inquiry-Based Science Teaching. Transactions of the Society for Computer Simulation, 3(2), 49–58. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1058007.pdf

Elisa, P. O. S., & Hazizah, N. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Pengembangan Emosional Anak Usia Dini dalam Proses Pembelajaran.

Fahriyani, S., & Harmaningsih, D. (2019). Penggunaan Media Sosial Twitter Untuk Mitigasi Bencana Di Indonesia. Journal Sosial Dan Humaira, 4(2), 56–65. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/556/408/

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 343–349.

Jatnika, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Web Berbasis Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk (Issue i). Universitas Pendidikan Indonesias.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253–263.

Pramukantoro, J. A. (2013). Pembelajaran Kooperatif GI ( Group Investigations ) Pada Standar Kompetesni Memperbaiki Cd Player di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(2), 653–659.

Rahmawati, W. A., Nurmanik, T., & ... (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Permainan Menebak. Prosiding …, 1–7. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/336

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and Development Research (Methods, Strategies, and Issues). Routledge Taylor & Francis Group.

Rijal, B. S. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Perakitan Dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar Untuk Kelas X Smk Piri 1 Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/23611/1/Bait Syaiful Rijal 09520244068.pdf

Sakti, B. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 218–229. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).

Syarif, M. H. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 6(2), 53–61.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yanuarto, T., Pinuji, S., & Utomo, A. C. (2019). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana (T. Yanuarto (ed.); Cetakan Ke). Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Yudhi, P. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (Rme) Pada Materi Fpb Dan Kpk Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Menara Ilmu, XI(74), 144–149.

Downloads

Abstract Views : 1091
Downloads Count: 1105

Published

2022-10-27

How to Cite

Hamidah, M., Kurniasih, & Darmayanti, M. (2022). PENGEMBANGAN MODUL IPAS UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1230–1246. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2976

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)