PENGEMBANGAN MODUL IPAS UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2976Abstract
Berdasarkan pada hasil tes kemampuan kesiapsiagaan bencana yang dilakukan di SDN GRMND Bandung kepada siswa kelas V (Fase C) menunjukkan hasil rata-rata nilai sebesar 58,25 atau berkategori kurang baik. Rendahnya kesiapsiagaan bencana tersebut disebabkan karena perangkat pembelajaran kesiapsiagaan bencana untuk siswa Sekolah Dasar masih jarang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengembangkan desain modul yang dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang mengacu kepada Kurikulum Merdeka berbasis model pembelajaran Learning Cycle serta hasil validasi modul yang telah dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian Design and Development oleh Richey dan Klein. Penelitian ini menggunakan model PPE (Planning, Production, and Evaluation) dengan melibatkan ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan 20 orang siswa kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui worklog, validasi ahli dan penilaian siswa yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul IPAS yang disusun secara sistematis terdiri dari 12 komponen. Dalam proses pengembangannya, modul ini melalui satu kali proses validasi dan revisi berdasarkan masukan yang telah diberikan untuk mendapatkan final product dan meningkatkan kualitas modul. Modul yang dikembangkan mendapatkan hasil persentase 93.825% dengan kategori sangat layak digunakan berdasarkan hasil akhir presentase uji kelayakan modul oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan penilaian siswa.
Keywords:
IPAS, kelas V (fase C), kesiapsiagaan bencana, learning cycle, modulDownloads
References
capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, (2022) (testimony of Anindito Aditomo).
Amri, A., Bird, D. K., Ronan, K., Haynes, K., & Towers, B. (2017). Disaster risk reduction education in Indonesia: Challenges and recommendations for scaling up. Natural Hazards and Earth System Sciences, 17(4), 595–612. https://doi.org/10.5194/nhess-17-595-2017
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penulisan Modul. In Penulisan Modul (Vol. 98, Issue 1). Departemen Pendidikan Nasional.
Duran, L. B., & Duran, E. (2004). The 5E Instructional Model: A Learning Cycle Approach for Inquiry-Based Science Teaching. Transactions of the Society for Computer Simulation, 3(2), 49–58. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1058007.pdf
Elisa, P. O. S., & Hazizah, N. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Pengembangan Emosional Anak Usia Dini dalam Proses Pembelajaran.
Fahriyani, S., & Harmaningsih, D. (2019). Penggunaan Media Sosial Twitter Untuk Mitigasi Bencana Di Indonesia. Journal Sosial Dan Humaira, 4(2), 56–65. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/556/408/
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 343–349.
Jatnika, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Web Berbasis Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk (Issue i). Universitas Pendidikan Indonesias.
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik (JPT), 1(3), 253–263.
Pramukantoro, J. A. (2013). Pembelajaran Kooperatif GI ( Group Investigations ) Pada Standar Kompetesni Memperbaiki Cd Player di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(2), 653–659.
Rahmawati, W. A., Nurmanik, T., & ... (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Permainan Menebak. Prosiding …, 1–7. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/336
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and Development Research (Methods, Strategies, and Issues). Routledge Taylor & Francis Group.
Rijal, B. S. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Perakitan Dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar Untuk Kelas X Smk Piri 1 Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/23611/1/Bait Syaiful Rijal 09520244068.pdf
Sakti, B. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 218–229. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Syarif, M. H. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 6(2), 53–61.
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Yanuarto, T., Pinuji, S., & Utomo, A. C. (2019). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana (T. Yanuarto (ed.); Cetakan Ke). Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.
Yudhi, P. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (Rme) Pada Materi Fpb Dan Kpk Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Menara Ilmu, XI(74), 144–149.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mutia Hamidah, Kurniasih, Mela Darmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).