PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR
PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2637Abstract
Pada era yang akan datang, kita akan dihadapkan oleh persaingan yang semakin kuat, kemajuan teknologi yang akan semakin pesat, serta percepatan globalisasi yang akan menimbulkan banyak dampak negative dan positif. Oleh karena itu, karakter menjadi salah satu hal yang menjadi peranan penting dalam dunia Pendidikan. Karena Pendidikan karakter berguna untuk mendukung kemajuan dan pembangunan sumber daya manusia yang tak hanya lebih baik, namun berkualitas. Salah satu Pendidikan karakter yang penting adalah karakter Nasionalisme, penanaman nilai karakter ini bisa dilakukan dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Namun, pada saat ini penulis memfokuskan pembahasan nilai karakter nasionalisme di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai Nasionalisme terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pkn kelas V Tema 7 Subtema 2 Peristiwa kebangsaan Seputar proklamasi kemerdekaan di SDN CIJANTUNG 06 Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Utara. Sampel penelitian diambil dari kelas V yang berjumlah tiga kelas. Jumlah responden nya sebanyak 60 siswa. Penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis jalur atau analisis satu arah, yaitu pengaruh antara “Nilai Karakter Nasionalisme terhadap Hasil Belajar Pkn”. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan rumus regresi linier sederhana, diperoleh hasil yaitu kedua variable ini berkorelasi, bentuk hubungannya adalah positif, dan berkorelasi sempurna. Dengan hasil yaitu Nilai Karakter Nasionalisme terhadap hasil belajar Pkn memiliki pengaruh yang sangat besar.
Keywords:
nilai karakter, nasionalisme, pendidikan karakterDownloads
References
Achdiyat, M. (2017). Kecerdasan Visual Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(3), 234–245.
Anggriani, R. … Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Living Values Education Program terhadap Penguatan Karakter Nasionalisme. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 50–57.
Hasan, S., Rahman, A., Bunyamin, A., & Hasibuddin, H. (2021). Management of Character Education at Al-Fityan Integrated Islamic Elementary School, Gowa and Al-Biruni Mandiri Makassar Integrated Islamic Elementary School: A Multi-Case Study. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(7), 677-684.
Indraswati, D., & Sutisna, D. (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Di Sdn Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(2), 71–80. Retrieved from http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1721
Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. HUMANIKA, 16(9).
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Riska, D. F. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 207–220. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.17
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan Dan Patriotisme Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Pada Pembelajaran Pkn Di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, T. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Kelas Iv Mi Al- Madaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2019/2020 (Universitas Islam Negeri Mataram). Universitas Islam Negeri Mataram. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290
Suwandi, I. K., & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas I SD. Elementary School, 4(2), 151–160.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putri Indriani Putri, Abdul Rahman A Ghani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).