PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR

PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putri Indriani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abdul Rahman A Ghani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2637

Abstract

Pada era yang akan datang, kita akan dihadapkan oleh persaingan yang semakin kuat, kemajuan teknologi yang akan semakin pesat, serta percepatan globalisasi yang akan menimbulkan banyak dampak negative dan positif. Oleh karena itu, karakter menjadi salah satu hal yang menjadi peranan penting dalam dunia Pendidikan. Karena Pendidikan karakter berguna untuk mendukung kemajuan dan pembangunan sumber daya manusia yang tak hanya lebih baik, namun berkualitas. Salah satu Pendidikan karakter yang penting adalah karakter Nasionalisme, penanaman nilai karakter ini bisa dilakukan dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Namun, pada saat ini penulis memfokuskan pembahasan nilai karakter nasionalisme di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai Nasionalisme terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pkn kelas V Tema 7 Subtema 2 Peristiwa kebangsaan Seputar proklamasi kemerdekaan di SDN CIJANTUNG 06 Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Utara. Sampel penelitian diambil dari kelas V yang berjumlah tiga kelas. Jumlah responden nya sebanyak 60 siswa. Penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis jalur atau analisis satu arah, yaitu pengaruh antara “Nilai Karakter Nasionalisme terhadap Hasil Belajar Pkn”. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan rumus regresi linier sederhana, diperoleh hasil yaitu kedua variable ini berkorelasi, bentuk hubungannya adalah positif, dan berkorelasi sempurna. Dengan hasil yaitu Nilai Karakter Nasionalisme terhadap hasil belajar Pkn memiliki pengaruh yang sangat besar.

Keywords:

nilai karakter, nasionalisme, pendidikan karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M. (2017). Kecerdasan Visual Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(3), 234–245.

Anggriani, R. … Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Living Values Education Program terhadap Penguatan Karakter Nasionalisme. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 50–57.

Hasan, S., Rahman, A., Bunyamin, A., & Hasibuddin, H. (2021). Management of Character Education at Al-Fityan Integrated Islamic Elementary School, Gowa and Al-Biruni Mandiri Makassar Integrated Islamic Elementary School: A Multi-Case Study. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(7), 677-684.

Indraswati, D., & Sutisna, D. (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Di Sdn Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(2), 71–80. Retrieved from http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1721

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. HUMANIKA, 16(9).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf

Riska, D. F. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 207–220. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.17

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan Dan Patriotisme Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Pada Pembelajaran Pkn Di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, T. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Nasionalisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Kelas Iv Mi Al- Madaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2019/2020 (Universitas Islam Negeri Mataram). Universitas Islam Negeri Mataram. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290

Suwandi, I. K., & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas I SD. Elementary School, 4(2), 151–160.

Downloads

Abstract Views : 685
Downloads Count: 533

Published

2022-07-23

How to Cite

Putri Indriani, & Abdul Rahman A Ghani. (2022). PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR: PENGARUH NILAI KARAKTER NASIONALISME TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 758–763. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2637

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.