PENINGKATAN CREATIVE THINKING SKILLS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN IPA SD SELAMA PANDEMI

Authors

  • Monika Handayani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2192

Keywords:

problem based learning, creative thinking skills, pembelajaran IPA, pertemuan tatap muka terbatas

Abstract

Kebijakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas yang diterapkan di beberapa instansi Pendidikan selama masa pandemi covid-19 menuntut sistem pembelajaran baru bagi para guru dan siswa termasuk di SD Negeri 02 Penolih. Penerapan Pertemuan Tatap Muka Terbatas di kelas V kurang berjalan dengan baik karena guru hanya menitikberatkan pada beberapa mata pelajaran yang dianggap penting. Pembelajaran yang diterapkan cenderung lebih teacher centered karena guru berfokus hanya pada penyampaian materi. Hal ini menyebabkan siswa lebih pasif dan kurang mampu memunculkan ide-ide baru dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri 02 Penolih dan bertujuan untuk meningkatkan creative thinking skills siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan tahapan plan, act, dan reflect. Instrumen yang digunakan lembar observasi creative thinking skills siswa, tes creative thinking skills siswa, lembar wawancara siswa, dan lembar observasi model Problem Based Learning pada guru. Hasil observasi creative thinking skills siswa menunjukkan peningkatan dari tahap pratindakan sebesar 20,83%, siklus I sebesar 50% dan di siklus II mencapai 72,92%. Hasil wawancara diketahui bahwa siswa lebih terbuka terhadap ide-ide baru selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning mampu meningkatkan creative thinking skills siswa pada pembelajaran IPA dengan sistem Pertemuan Tatap Muka Terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Handayani, M. (2022). PENINGKATAN CREATIVE THINKING SKILLS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN IPA SD SELAMA PANDEMI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 428–437. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2192

Issue

Section

Articles