MEDIA PAPAN BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN PERLINDUNGAN DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2549Abstract
Pendidikan seks menjadi hal penting melihat kasus kekerasan seksual pada anak meningkat setiap tahunnya, untuk itu pendidikan seks sangat-sangat penting untuk mencari inovasi dalam penyelesaian masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media papan bimbingan sebagai media pendidikan seks anak terhadap sikap dan pengetahuan dalam melindungi diri anak dari pelecehan seksual kelas IV SDN 9 Purwodadi tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan analisis data menggunakan analisis data komparatif. Analisis data komparatif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 9 Purwodadi dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket. Hasil menunjukkan terdapat keefektifan media papan bimbingan sebagai media pendidikan seks anak terhadap sikap dan pengetahuan dalam melindungi diri anak dari pelecehan seksual.
Keywords:
papan bimbingan, perlindungan diri, pelecehan seksualDownloads
References
Akbar, Z., & Mudzdaliffah, F. (2012). Program Pendidikan Seks Untuk Meningkatkan Proteksi Diri Dari Eksploitasi Seksual Pada Anak Usia Dini. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(XVI), 1–6. https://doi.org/10.21009/pip.251.1
Arikunto, S. (2015). Prosedur-Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi.
Arisandi. (2018). Papan Bimbingan Sebagai Media Pendidikan Seks Anak Sd Untuk Mencegah Pelecehan Seksual. Eprints UMS.
Budiyono, B. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. UNS Press Surakarta.
Firdausya, I. (2020). Rekomendasi KPAI Cegah Kekerasan Seksual Anak. Www.Mediaindonesia.Com.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. Semarang: Penerbit Undip.
Giri Persada, A., Putri, N., & Ayuningtyas, D. (2015). Pencegahan Pelecehan Dan Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak Di Sdn Gejayan. Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 211–214.
Hermawan, H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). Flipbook pendidikan pencegahan pelecehan seksual anak ( fp3sa ) untuk meningkatkan.
Irsyad, M. (2019). Pendidikan Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Nurgiyantoro, B. (2014). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. http://dx.doi.org/10.1016/j.appdev.2016.03.001
Ridha, I. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan Pekerja Shift Malam Dalam Konteks Sexual Harassment Di Kota Pekanbaru. Jurnal Hukum Respublica, 20(1), 51–64. https://doi.org/10.31849/respublica.v20i1.5970
Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Suhsmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 164–174.
Wulandari, M. D., Hanurawan, F., Chusniyah, T., Hidayat, M. T., Rahmawati, F. P., Sayekti, I. C., & Bakhtiar, F. Y. (2022). Integration of a Sexual Abuse Prevention Programme in the First-Grade Indonesian Curriculum to Improve Children’s Self-Protection. Child Abuse Review, 31(2). https://doi.org/10.1002/car.2723
Wulandari, M. D., Hanurawan, F., Chusniyah, T., & Sudjiono. (2020). Children’s Knowledge and Skills Related to Self-Protection from Sexual Abuse in Central Java Indonesia. Journal of Child Sexual Abuse, 29(5), 499–512. https://doi.org/10.1080/10538712.2019.1703231
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Ratna Sari, Murfiah Dewi Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).