ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM ZOOM DENGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2587Abstract
Dampak Covid 19 salah satunya ialah penerapan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di rumah. Penggunaan media digital/platform menjadi peranan penting, sayangnya tidak semua informasi yang ada di media digital dan internet bersifat baik. Hal ini menunjukkan pentingnya kemampuan literasi digital pada peserta didik untuk memfilter informasi yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat indonesia.Berdasarkan survey yang dilakukan populix tahun 2020 Zoom menjadi platform yang paling banyak digunakan masyarakat indonesia dengan total 88.3%. Dimana pelajar memegang posisi pertama dalam penggunaannya, yakni sebesar 93.8%. ). Maka dari itu, Zoom dapat menjadi platform yang berpengaruh dengan kompetensi literasi digital pada peserta didik yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital. Penelitian dilakukan di SDN Pondok Labu 07, dengan populasi penelitian kelas VA, subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian bertujuan mengetahui apakah penggunaan platform Zoom dalam proses pembelajaran memiliki keterkaitan terhadap literasi digital peserta didik yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan platform Zoom saat PJJ atau BDR memiliki keterkaitan dengan literasi digital yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.
Keywords:
literasi digital, Platform zoom, kompetensi literasi kominfo dan siberkreasiDownloads
References
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun RUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
Amaly, N., & Armiah, A. (2022). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43–52. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v21i1.6253
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020, November). Buletin APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 74. https://www.mendeley.com/catalogue/efbe9177-6c32-3d7a-8bec-5df16e0bbb7f/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bd0fb2d07-0180-4b68-8e41-1544c5e54cf6%7D
Avi Andini Pradita. (2022). Budaya Membaca Di Kalangan Mahasiswa Pgsd (Sebuah Studi Kasus Di Kabupaten Sumedang). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 341–351. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.1976
Bahrainian, S. A., Alizadeh, K. H., Raeisoon, M. R., Gorji, O. H., & Khazaee, A. (2014). Relationship of Internet addiction with self-esteem and depression in university students. Journal of Preventive Medicine and Hygiene, 55(3), 86–89. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25902574
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/2721-0081
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Ibrahim, G. A., Ismadi, H. D., Zabadi, F., Venus Ali, N. B., Alipi, M., Antoro, B., & Hanifah, N. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Maryani, M. Aziz, & Nurjaman (Eds.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1st ed.). Kemendikbud Ristek.
Ika, L. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengambilan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/download/4075/pdf
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva.
Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429.
Kemendikbud. (2021). Satuan Pendidikan di Wilayah PPKM Level 1-3 Dapat Laksanakan PTM Terbatas. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/satuan-pendidikan-di-wilayah-ppkm-level-13-dapat-laksanakan-ptm-terbatas
Monggilo, Zainuddin, M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Devi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, X. R., Wenerda, I., & Astutu, S. I. (2021). Cakap Bermedia Digital (M. Z. Zainuddin, Monggilo, & N. Kurnia (eds.); 1st ed.). Kemendikbud Ristek. http://literasidigital.id/books/modul-cakap-bermedia-digital/
Nursanjaya. (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. 04(01), 126–141.
Populix. (2020). Survei Populix : Aplikasi Video Conference Saat Pandemi, Apa yang Berubah? Populix.Co. https://www.info.populix.co/post/video-conference-adalah
Rahayu, N. D., Zulherman, & Yatri, I. (2021). Animated Video Media Based on Adobe after Effects (AEF) Application: An Empirical Study for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012116
Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Tim GLN Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In L. Anik Maryani (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling. Kemendikbud Ristek.
Yuniarti, S., Hariyati, T., Indah, N., Pancarani, N., Widya, I. A., Balikpapan, U., Facilitator, S., & Head, N. (2021). Pemanfaatan Fitur Breakout Room Zoom Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kooperatif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/https://search.crossref.org/?q=1978-0044
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lulu Fathiyah, Ika Yarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).