ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM ZOOM DENGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lulu Fathiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ika Yarti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2587

Abstract

Dampak Covid 19 salah satunya ialah penerapan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di rumah. Penggunaan media digital/platform menjadi peranan penting, sayangnya tidak semua informasi yang ada di media digital dan internet bersifat baik. Hal ini menunjukkan pentingnya kemampuan literasi digital pada peserta didik untuk memfilter informasi yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat indonesia.Berdasarkan survey yang dilakukan populix tahun 2020 Zoom menjadi platform yang paling banyak digunakan masyarakat indonesia dengan total 88.3%. Dimana pelajar memegang posisi pertama dalam penggunaannya, yakni sebesar 93.8%. ). Maka dari itu, Zoom dapat menjadi platform yang berpengaruh dengan  kompetensi literasi digital pada peserta didik yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital. Penelitian dilakukan di SDN Pondok Labu 07, dengan populasi penelitian kelas VA, subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian bertujuan mengetahui apakah penggunaan platform Zoom dalam proses pembelajaran memiliki keterkaitan terhadap literasi digital peserta didik yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan platform Zoom saat PJJ atau BDR memiliki keterkaitan dengan literasi digital yang terdiri dari ketrampilan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.

Keywords:

literasi digital, Platform zoom, kompetensi literasi kominfo dan siberkreasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun RUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Amaly, N., & Armiah, A. (2022). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43–52. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v21i1.6253

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020, November). Buletin APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 74. https://www.mendeley.com/catalogue/efbe9177-6c32-3d7a-8bec-5df16e0bbb7f/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bd0fb2d07-0180-4b68-8e41-1544c5e54cf6%7D

Avi Andini Pradita. (2022). Budaya Membaca Di Kalangan Mahasiswa Pgsd (Sebuah Studi Kasus Di Kabupaten Sumedang). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 341–351. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.1976

Bahrainian, S. A., Alizadeh, K. H., Raeisoon, M. R., Gorji, O. H., & Khazaee, A. (2014). Relationship of Internet addiction with self-esteem and depression in university students. Journal of Preventive Medicine and Hygiene, 55(3), 86–89. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25902574

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://doi.org/2721-0081

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Ibrahim, G. A., Ismadi, H. D., Zabadi, F., Venus Ali, N. B., Alipi, M., Antoro, B., & Hanifah, N. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Maryani, M. Aziz, & Nurjaman (Eds.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1st ed.). Kemendikbud Ristek.

Ika, L. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengambilan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/download/4075/pdf

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva.

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429.

Kemendikbud. (2021). Satuan Pendidikan di Wilayah PPKM Level 1-3 Dapat Laksanakan PTM Terbatas. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/satuan-pendidikan-di-wilayah-ppkm-level-13-dapat-laksanakan-ptm-terbatas

Monggilo, Zainuddin, M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Devi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, X. R., Wenerda, I., & Astutu, S. I. (2021). Cakap Bermedia Digital (M. Z. Zainuddin, Monggilo, & N. Kurnia (eds.); 1st ed.). Kemendikbud Ristek. http://literasidigital.id/books/modul-cakap-bermedia-digital/

Nursanjaya. (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. 04(01), 126–141.

Populix. (2020). Survei Populix : Aplikasi Video Conference Saat Pandemi, Apa yang Berubah? Populix.Co. https://www.info.populix.co/post/video-conference-adalah

Rahayu, N. D., Zulherman, & Yatri, I. (2021). Animated Video Media Based on Adobe after Effects (AEF) Application: An Empirical Study for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012116

Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Tim GLN Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. In L. Anik Maryani (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling. Kemendikbud Ristek.

Yuniarti, S., Hariyati, T., Indah, N., Pancarani, N., Widya, I. A., Balikpapan, U., Facilitator, S., & Head, N. (2021). Pemanfaatan Fitur Breakout Room Zoom Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kooperatif Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/https://search.crossref.org/?q=1978-0044

Downloads

Abstract Views : 642
Downloads Count: 467

Published

2022-07-21

How to Cite

Lulu Fathiyah, & Yarti, I. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM ZOOM DENGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 746–757. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2587

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.