PENGEMBANGAN METODE ROLEPLAY MELALUI FRAMEWORK MERDEKA BELAJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2352

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kurang memiliki kemandirian dalam belajar akibat pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan metode roleplay melalui Framework Merdeka Belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Reeves yaitu: 1) identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif; 2) mengembangkan solusi yang didasarkan pada patokan teori, design principle, yang ada dan inovasi teknologi; 3) melakukan proses berulang untuk menguji dan memperbaiki solusi secara praktis; 4) refleksi untuk menghasilkan design principle serta meningkatkan implementasi dari solusi secara praktisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu 2 guru dan 23 siswa kelas III SDN Songgokerto 03, Kota Batu. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa metode roleplay melalui framework Merdeka Belajar yang telah dikembangkan valid, praktis, dan dapat digunakan serta mendapatkan respon positif dari guru yang menyatakan pembelajaran dengan mengembangkan metode roleplay melalui framework Merdeka Belajar dapat dipahami oleh siswa serta diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Keywords:

framework merdeka belajar, kemandirian belajar, metode role play

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12 (2), 137-141.

Birawa (2020). Belajar Merdeka dan Merdeka Belajar di Tengah Pandemi. URL: https://www.harianbhirawa.co.id/belajar-merdeka-dan-merdeka-belajar-di-tengah-corona/. Diakses tanggal 19 januari 2022.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50

Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

Darmayanti, T., Islam, S., & Asandhimitra. (2004). Pendidikan tinggi jarak jauh: Kemandirian belajar pada PTJJ. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek (2022). Semua Sekolah Wajib Melaksanakan PTM Terbatas pada 2022. URL: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/semua-sekolah-wajib-melaksanakan-ptm-terbatas-pada-2022. Diakses tanggal 20 Januari 2022.

Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar Di Tengah Covid-19. URL: http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-Covid-19/. Diakses Tanggal 19 januari 2022.

Hammidaturrahmah & Mulyani. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementry Islamic Teacher Journal, 8(1). 247-278

Herrington, J., McKenney, S. dkk. (2007). Design-based Research and Doctoral Students: Guidelines for Preparing a Dissertation. Journal ECU Publications. 4089-4097. Chesapeake: Edith Cowa University Research Online.

Hermawan, C. M. (2019). Refleksi Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 78-91

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, D.R., dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 34(2), 142-154.

Kasih, A.P. (2020). Guru, Ini Panduan Mengajar Jarak Jauh dari Sekolah Lawan Corona. Kompas.com.

Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability Of Elementary School Student In Number Materials. In Journal of Physics: Conference Series, 1321(2).

Lao, H. A. E., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 201–209.

Lie, A. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan. KOMPAS. Diakses tanggal 20 Januari 2022.

Mohamad Abidin J.,Rezzae, A., Abdullah, H N. (2011). Learning Styles and Overall Academic Achievement in a Specific Educational System. International Journal of Humanities and Social Science, 1321 (10). 022130

Plomp. (2007). Educational Design Research: An Introduction, in An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.

Rahmasari, A.F., Setiawan, F., & Faradita, M.N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 4(2), 158-168

Shihab, N. (2020). Guru Belajar Sekolah Lawan Corona. Jakarta Selatan : Kampus Guru Cikal.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., Janson, P.S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369.

Silalahi, W. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Roleplay Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Xaverius Padang Sidimpuan. School Education Journal, 8(2). 188-199

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Downloads

Abstract Views : 726
Downloads Count: 957

Published

2022-07-11

How to Cite

Zam Zam Jamaludin, Alfi Fahimiah, Dea Silviani, Nisna Nursarofah, & Pidi Mohamad Setiadi. (2022). PENGEMBANGAN METODE ROLEPLAY MELALUI FRAMEWORK MERDEKA BELAJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 648–660. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2352

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.