EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Afina Zahrah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mutiara Purnama Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Lia Nuryanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ahmad Deliar Nudita Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3169

Abstract

Seluruh dunia dikejutkan dengan menyebarnya virus COVID 19 hal ini membuat semua sector kehidupan menjadi terhambat aktivitasnya, termasuk dunia pendidikan yang juga merasakan dampak yang signifikan. Dunia pendidikan mengalami perubahan baru dalam menerapkan kebijakan, semula pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka datang ke kelas namun harus berubah menjadi belajar dari rumah. Perubahan kebijakan ini terjadi secara cepat dilaksanakan mengingat dampak pandemic di Indonesia sudah menyebar luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran matematika kelas tinggi berbasis daring di masa pandemic covid 19. Sehingga dapat memberikan solusi bagi pendidik dan manfaat dalam melaksanakan pembelajaran matematika kelas tinggi berbasis daring di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Model evaluasi CIPP dari Stufflebeam digunakan sebagai metode evaluasi dalam penelitian kali ini. Penelitian ini berfokus pada pengevaluasian pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika yang ditinjau dari aspek konten (Context), masukan (Input), Proses (Process), dan Hasil (Product). Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru matematika kelas V dan siswa kelas V di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi berjalan tidak efektif dikarenakan berbagai kendala seperti jaringan internet yang kurang mendukung, minimnya penyampaian materi dari guru, latihan soal yang tidak terpantau sehingga membuat siswa tidak merasakan manfaat dari pembelajaran daring. WhatsApp dirasa kurang efektif jika digunakan untuk pembelajaran daring matematika.

Keywords:

evaluasi, daring, CIPP, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mutiara Purnama Ramadhanti, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

 

Lia Nuryanti, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

 

Ahmad Deliar Nudita, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

 

References

Awwaliyah, I. Z., Purnamasari, I., & Mushafanah, Q. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 54–59.

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.

Febrianto, M. V., & Zuhro, N. H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Konsep Pecahan Matematika Siswa Kelas Iv Dalam Masa Pandemi Covid 19 Di Sd 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(1), 50. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.912

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching (9thed). Pearson Education.

Julianto, A., & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184.

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Mahpudin, & Yuliati, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Cirebon. Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 50–56.

Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019). Model-Model Evaluasi Pendidikan. MITRA ASH-SHIBYAN, 38–50. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24

Nanlohy, N. L., Urath, S., Mailuhuw, L. F., Lerebulan, E., Sekolah, D., Keguruan, T., & Saumlaki, P. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Pendidikan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 7 Tanimbar Selatan. Japendi , Vol . 2 No . 12 Desember 2021. 2(12), 2028–2036.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran Matematika. Leutikaprio, 150.

Prihandoko, A. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Depdikbud RI.

Purnomo, H., Mahpudin, & Sunanto, L. (2020). Pengelolaan Kelas Di Era 4.0. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2112

Syamsuddin, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 45–50. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.65

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.

Watkins, C., Carnell, E., & Lodge, C. (2007). Effective learning in classrooms. Paul Chapman Publishing.

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring dalam Dimensi Pedagogik. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 856–871. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1208

Downloads

Abstract Views : 286
Downloads Count: 189

Published

2022-11-01

How to Cite

Zahrah, A., Mutiara Purnama Ramadhanti, Lia Nuryanti, & Ahmad Deliar Nudita. (2022). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1486–1494. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3169

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.