EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3169Abstract
Seluruh dunia dikejutkan dengan menyebarnya virus COVID 19 hal ini membuat semua sector kehidupan menjadi terhambat aktivitasnya, termasuk dunia pendidikan yang juga merasakan dampak yang signifikan. Dunia pendidikan mengalami perubahan baru dalam menerapkan kebijakan, semula pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka datang ke kelas namun harus berubah menjadi belajar dari rumah. Perubahan kebijakan ini terjadi secara cepat dilaksanakan mengingat dampak pandemic di Indonesia sudah menyebar luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran matematika kelas tinggi berbasis daring di masa pandemic covid 19. Sehingga dapat memberikan solusi bagi pendidik dan manfaat dalam melaksanakan pembelajaran matematika kelas tinggi berbasis daring di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Model evaluasi CIPP dari Stufflebeam digunakan sebagai metode evaluasi dalam penelitian kali ini. Penelitian ini berfokus pada pengevaluasian pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran matematika yang ditinjau dari aspek konten (Context), masukan (Input), Proses (Process), dan Hasil (Product). Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru matematika kelas V dan siswa kelas V di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi berjalan tidak efektif dikarenakan berbagai kendala seperti jaringan internet yang kurang mendukung, minimnya penyampaian materi dari guru, latihan soal yang tidak terpantau sehingga membuat siswa tidak merasakan manfaat dari pembelajaran daring. WhatsApp dirasa kurang efektif jika digunakan untuk pembelajaran daring matematika.
Keywords:
evaluasi, daring, CIPP, matematikaDownloads
References
Awwaliyah, I. Z., Purnamasari, I., & Mushafanah, Q. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 54–59.
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.
Febrianto, M. V., & Zuhro, N. H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi Konsep Pecahan Matematika Siswa Kelas Iv Dalam Masa Pandemi Covid 19 Di Sd 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(1), 50. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.912
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching (9thed). Pearson Education.
Julianto, A., & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184.
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226
Mahpudin, & Yuliati, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Cirebon. Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 50–56.
Mardiah, M., & Syarifudin, S. (2019). Model-Model Evaluasi Pendidikan. MITRA ASH-SHIBYAN, 38–50. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24
Nanlohy, N. L., Urath, S., Mailuhuw, L. F., Lerebulan, E., Sekolah, D., Keguruan, T., & Saumlaki, P. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Pendidikan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 7 Tanimbar Selatan. Japendi , Vol . 2 No . 12 Desember 2021. 2(12), 2028–2036.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran Matematika. Leutikaprio, 150.
Prihandoko, A. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Depdikbud RI.
Purnomo, H., Mahpudin, & Sunanto, L. (2020). Pengelolaan Kelas Di Era 4.0. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2112
Syamsuddin, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 45–50. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.65
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133.
Watkins, C., Carnell, E., & Lodge, C. (2007). Effective learning in classrooms. Paul Chapman Publishing.
Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Secara Daring dalam Dimensi Pedagogik. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 856–871. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1208
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Afina Zahrah, Mutiara Purnama Ramadhanti, Lia Nuryanti, Ahmad Deliar Nudita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).