PENGEMBANGAN METODE ROLEPLAY MELALUI FRAMEWORK MERDEKA BELAJAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2352Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kurang memiliki kemandirian dalam belajar akibat pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan metode roleplay melalui Framework Merdeka Belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan Reeves yaitu: 1) identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif; 2) mengembangkan solusi yang didasarkan pada patokan teori, design principle, yang ada dan inovasi teknologi; 3) melakukan proses berulang untuk menguji dan memperbaiki solusi secara praktis; 4) refleksi untuk menghasilkan design principle serta meningkatkan implementasi dari solusi secara praktisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu 2 guru dan 23 siswa kelas III SDN Songgokerto 03, Kota Batu. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa metode roleplay melalui framework Merdeka Belajar yang telah dikembangkan valid, praktis, dan dapat digunakan serta mendapatkan respon positif dari guru yang menyatakan pembelajaran dengan mengembangkan metode roleplay melalui framework Merdeka Belajar dapat dipahami oleh siswa serta diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
Keywords:
framework merdeka belajar, kemandirian belajar, metode role playDownloads
References
Afiyanti, Y. (2008). Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12 (2), 137-141.
Birawa (2020). Belajar Merdeka dan Merdeka Belajar di Tengah Pandemi. URL: https://www.harianbhirawa.co.id/belajar-merdeka-dan-merdeka-belajar-di-tengah-corona/. Diakses tanggal 19 januari 2022.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50
Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.
Darmayanti, T., Islam, S., & Asandhimitra. (2004). Pendidikan tinggi jarak jauh: Kemandirian belajar pada PTJJ. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek (2022). Semua Sekolah Wajib Melaksanakan PTM Terbatas pada 2022. URL: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/semua-sekolah-wajib-melaksanakan-ptm-terbatas-pada-2022. Diakses tanggal 20 Januari 2022.
Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar Di Tengah Covid-19. URL: http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-Covid-19/. Diakses Tanggal 19 januari 2022.
Hammidaturrahmah & Mulyani. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementry Islamic Teacher Journal, 8(1). 247-278
Herrington, J., McKenney, S. dkk. (2007). Design-based Research and Doctoral Students: Guidelines for Preparing a Dissertation. Journal ECU Publications. 4089-4097. Chesapeake: Edith Cowa University Research Online.
Hermawan, C. M. (2019). Refleksi Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 78-91
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, D.R., dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 34(2), 142-154.
Kasih, A.P. (2020). Guru, Ini Panduan Mengajar Jarak Jauh dari Sekolah Lawan Corona. Kompas.com.
Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability Of Elementary School Student In Number Materials. In Journal of Physics: Conference Series, 1321(2).
Lao, H. A. E., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 201–209.
Lie, A. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan. KOMPAS. Diakses tanggal 20 Januari 2022.
Mohamad Abidin J.,Rezzae, A., Abdullah, H N. (2011). Learning Styles and Overall Academic Achievement in a Specific Educational System. International Journal of Humanities and Social Science, 1321 (10). 022130
Plomp. (2007). Educational Design Research: An Introduction, in An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.
Rahmasari, A.F., Setiawan, F., & Faradita, M.N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 4(2), 158-168
Shihab, N. (2020). Guru Belajar Sekolah Lawan Corona. Jakarta Selatan : Kampus Guru Cikal.
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., Janson, P.S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369.
Silalahi, W. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Roleplay Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Xaverius Padang Sidimpuan. School Education Journal, 8(2). 188-199
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zam Zam Jamaludin, Alfi Fahimiah, Dea Silviani, Nisna Nursarofah, Pidi Mohamad Setiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).