EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Cakung Timur 03 Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan jenis pre-test post-test control group design. Populasi yaitu Siswa SDN Cakung Timur 03 Pagi tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 64 siswa terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan serta analisis data menggunakan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas kemampuan membaca pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan media big book terbukti efektif terhadap dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Cakung Timur 03 Pagi. Diharapkan media big book dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Keywords:
media pembelajaran, big book, membaca permulaanDownloads
References
Amaliyah, N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342
Asfuriyah, S., & Nuswowati, M. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1), 739–746. https://doi.org/10.15294/usej.v4i1.4983
Dayu, D. P. K., & Setyaningsih, N. D. (2022). Big book to increase 5th grade students’ reading literacy. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.41115
Eliyasni, R., Habibi, M., Sukma, E., & Rahmatina. (2019). Big book media for the speaking skills of primary students in welcoming the fourth industrial revolution. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 126–138.
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). Penggunaan Media Big book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 231–232.
Juliana, A. D., Nurasiah, I., & Wardana, A. E. (2019). Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter Di Kelas Tinggi. Journal of Elementary Education, 3(2), 1–12.
Khasanah, U., & Wibawa, B. (2019). The use of big book media to improve speaking skills of children aged 3-4 years in early age child education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(2), 420–432.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penilitian Pendidikan (I). PT Remaja Rosdakarya.
Latifah, A. (2019a). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Bunayya, VI(2), 141–155.
Latifah, A. (2019b). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Jurnal Pendidikan Anak: Bunayya, VI(2), 141–155. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019a). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big book Pada Siswa Kelas 1A MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna, 2(1), 60–78.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019b). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard pada pelajaran membaca permulaan. JDP, 11(3), 210–228.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal Education Research and Development, 4(2), 85–96.
Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Sekolah Dasar, 26(1), 62–68.
Saefuddin, A., Malik, A., Maulidah, I. R., Chusni, M. M., Salahudin, A., & Carlian, Y. (2019). Students’ reading skills related to science learning using big book media. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012089
Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin, S. (2017). The development of local wisdom-based natural science module to improve science literation of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595
Setyorini, R., Saddhono, K., Ermanto, Wildan, M., & Kirom, S. (2019). The Effort of Implementing of the Big book as A Media to Improve the Intelligence of Linguistic Verbals for Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012087
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, U. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big book Dalam Pembelajaran Terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Banteng Makassar: Vol. IX (Issue 2).
Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.1080/10580539608906980
Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). Pengembangan Media Big book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar. JPGSD, 7(1), 2559–2569.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nifa Nailul Rahmah, Nurrohmatul Amaliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).