MEDIA PEMBELAJARAN MABETA UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adira Valentina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474

Abstract

Kemampuan matematika atau kemampuan berhitung adalah kemampuan mendasar dan fundamental sebagai landasan untuk mempelajari bidang ilmu yang lebih luas. Indonesia memiliki kualitas pendidikan matematika yang tertinggal dari Negara lain dan berada pada posisi terbawah menurut PISA. Hal ini disebabkan oleh perpsepsi siswa dan masyarakat umum yang menganggap bahwa matematika merupakan ilmu yang sulit untuk dipahami. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan belajar dan menjadi tidak paham dengan materi matematika. Untuk mengatasinya diperlukan adanya terobosan baru dalam proses pembelajaran agar kemampuan dan minat siswa semakin berkembang. Guru sebagai penggerak utama dalam pembelajaran harus dapat mengatasi permasalah ini dengan berbagai upaya. Media pembelajaran adalah salah satu alternative untuk meningkatkan minat siswa. Penelitian dan perancangan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah seumber data sekunder melalui studi literature.  MABETA (Mangent berhitung matematika) adalah media pembelajaran yang berbasis aktivitas yang menggabungkan antara permainan dan materi berhitung atau operasi matematika dasar. MABETA dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan minat berhitung siswa. Mabeta memiliki beberapa keunggulan dimana sangat fleksibel, mudah dijumpai, dan dapat menghidupkan suasana belajar karena memerlukan aktivitas dan interaksi langsung dari siswa. Dengan MABETA, diharapkan pembelajaran matematika menjadi tidak sulit lagi, dan pemahaman serta minat siswa menjadi meningkat. Pada akhirnya, kualitas pendidikan di Indonesia bias mulai mengejar ketertinggalan yang ada dari system pendidikan global.

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran Mabeta, Pembelajaran Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 30-33.

Arianti (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Asfar, A.M.I.T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing & Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Carolina, D.L., Safitri, N., & Sukmanasa, E. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kesulitan Berhitung Permulaan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 64-69.

Daswarman & Sutadji. (2022). Etnomatematika Minangkabau Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD), 6(1), 16-20.

Fausia, N., Asfar, A. I. T., & Nurwijaya, S. (2020). Taktikjar (Otak Atik Jari). Media Sains Indonesia.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424.

Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat Matematika Sebagai Pembentukan Karakteristik Pada Media Pembelajaran. Jurnal Dunia Ilmu, 2(3), 1-8.

Harahap, O. F. M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN: Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. CV. AZKA PUSTAKA.

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162-174.

Harsono, B., Soesanto., & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitandan System Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 71-79.

Hendrix, N. M., Hojnoski, R. L., Missall, K. N. (2018). Promoting Numeracy Skills Through Board Game Play. Young Exceptional Children, XX (X), 1-12. Doi:10.1177/1096250618814239.

Iftayani, I., & Ratnaningsih, A. (2018). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Kecenderungan Diskalkulia Pada Siswa Sekolah Dasar di Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, 1(1), 41-52. Retrived from http://journal.uml.ac.id/PSN/article/view/28.

Irsalina, K. I., & Muharram, M. R. W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada volume bangun ruang kelas V sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1-13.

Inayati, I. N., & Sufathan, M. R. (2022). Implementasi Metode Teams Games Tournament dengan Media Magnetic Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MI Pada Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran. Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 51-61.

Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D.R. (2021). Analisis Faktor Internal dan Eksternal. Sistema: Jurnal Pendidikan, 1(1). 1-7.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Khatib, S. F. A., Abdullah, D. F., Elamer, A., & Hazaea, S. A. (2022). The development of corporate governance literature in Malaysia: a systematic literature review and research agenda. Corporate Governance: The International Journal of Business in Society, ahead-of-print(ahead-of-print). doi:10.1108/cg-12-2020-0565.

Mawati, Y.T., Muzakki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40-59.

Meutia, O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Mukminah, Hirlan, & Sriyan. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 1-14.

Mulyawati, M., Tantowie, T. A., & Fuadi, D. N. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung melalui Media Konkret Koin Warna (Kancing) pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 221-240.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.

Nahwah, F.M., Choiri, A.S., & Sunardi. (2017). Single Subject Research: Increasing Mathematics Learning Outcomes of The Additive Fractions Using Fractional Block Media Toward Students with Visual Impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 89-104. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.247760

Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.

Nurhayati, Kusdiana, A., & Respati, R. (2019). Media Papan Magnet untuk Pembelajaran Ritmis Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 68-76.

Nurmeilana, R., Nulhakim, L., & Suparno. (2020). Development of Thematic Magnetic Board Media (PAMANTIK) in Thematic Learning in Third Grade Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 698-708.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Permana, K. B. A., Renda, N. T., & Margunayasa, I. G. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 223-232.

Pratama, A., & Zulherman, Z. (2022). The Effect of Cooperatif Type Make a Match Models on Science Outcome of Class V Students of SDN Semanan 11 West Jakarta. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 64-70.

Puspita, B. (2022). Strategi Pendidik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Min 2 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ratnasari, D., & Fanani, U.Z. (2020). Pengembangan Media The Thing Puzzle Papan Magnetik Untuk Menggambarkan Latar Suasana dalam Folksong Jepang. Hikari: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 4(1), 1-11.

Salim, S. (2020). Media Medan Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 107-115.

Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’arif 1 kota metro. SELING, 4, 181–188.

Setyawan, A., et al. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238-243.

Singh, P., et al. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 693-705. DOI: 10.11591/ijere.v10i2.20722.

Sumirat, I., Trimurtini., & Wahyuningsih, T. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 63-72.

Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Devy E. (2011). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 9 Surakarta Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis. Tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Ulfanisa, C. (2018). Penerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbantuan Papan Magnetik Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 734-740.

Ulum, A.S., Sumarwiyah., & Pratiwi, I.A. (2019). Peningkatan Sikap Percaya Diri Siswa melalui Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 107-115.

Ummah, S. K. (2021). Media pembelajaran matematika (Vol. 1). UMMPress.

Upu, H., Djadir, & Asyari Syahrullah. (2017). The fifth graders’ mathematization process in solving contextual problems. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(2),195-199.

Utami, F.N. (2020). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.

Utari, D.R., Wardana, M.Y.S., & Damayani, A.T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Wulandari, A.N., & Mawardi. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pigur, 1(2), 10-17.

Yantik, Suttrisno & Wiryanto. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420 – 3427.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Abstract Views : 6653
Downloads Count: 4109

Published

2022-07-11

How to Cite

Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN MABETA UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.