TINJAUAN HUKUM PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP GURU DALAM PROSES PENDIDIKAN

Authors

  • yayah kusiah SMP Negeri 1 Maja

DOI:

https://doi.org/10.31949/jpl.v4i1.2236

Keywords:

Perlindungan Anak, Guru, Pendidikan

Abstract

Undang-Undang Perlindungan Anak berperan positif dalam memberikan jaminan hukum kepada anak atau siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Namun, saat ini undang-undang perlindungan anak dapat digunakan sebagai alat oleh orang tua untuk melaporkan guru kepada pihak berwenang ketika mereka tidak menyukai cara guru mendidik siswanya. Padahal dalam melaksanakan tugasnya, guru telah diberikan kebebasan untuk menilai dan menentukan kelulusan siswa, memberikan penghargaan dan dapat memberikan sanksi pendidikan kepada siswa sesuai dengan kode etik guru dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif analisis, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder dan tertier sebagai data utama. Setelah data sekunder dan primer terkumpul, kemudian diadakan analisis secara kualitatif

Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa Implementasi Undang-Undang Perlindungan Anak membawa pengaruh pada guru dalam mendidik. Akibatnya, guru seperti menghadapi dilema, di satu sisi guru harus menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah, sementara disisi lain, khawatir dikriminalisasi oleh orang tua atau pembela anak atas tuduhan melakukan kekerasan terhadap anak. Dampak dari dilema tersebut, akhirnya guru menjadi kurang tegas terhadap siswa yang nakal atau melanggar tata tertib sekolah dan Konsep perlindungan hukum terhadap Anak Dalam Proses Pendidikan mengacu pada konsep perlindungan anak dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

kusiah, yayah. 2022. “TINJAUAN HUKUM PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP GURU DALAM PROSES PENDIDIKAN”. Journal Presumption of Law 4 (1). https://doi.org/10.31949/jpl.v4i1.2236.