Penerapan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Cibentar 1. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Melalui Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibenta 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten majalengka yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan deskriptif kualitif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar kreatif dan mandiri dengan melakukan percobaan wujud benda dan sifatnya pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri CIbentar 1 Kecamat Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memotivasi siswa dalam belajar, diharapkan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran yang menekankan pada kreatifitas dan kemandirian dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkarya