MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Jubaedah Jubaedah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Cibentar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan model  project based learningt. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan siswa dalam menerapkan model project based learning. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  siswa  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 66,66% dan pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa penerapan  model  project based learning  dapat   meningkatkan   hasil   belajar   siswa   pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 Cibentar.

Kata Kunci:

Project based learning, hasil belajar, model pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 658
Downloads Count: 334

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Jubaedah, J. (2022). MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 60–67. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/3508

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.