Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cengal I
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN Cengal I. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali tindakan terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Cengal I Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar. Peningkatan nilai hasil belajar dipenagruhi oleh aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Model Contextual Teaching and Learning memiliki dampak positif terhadap antusiasme siswa untuk pembelajaran matematik karena merumuskan Teknik pembelajaran yang sangat menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan saat mempelajari materi.