Penerapan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka

Authors

  • Jubaedah SDN Cibentar I, Majalengka, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Cibentar 1. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Melalui Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibenta 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten majalengka yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan deskriptif kualitif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar kreatif dan mandiri dengan melakukan percobaan wujud benda dan sifatnya pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri CIbentar 1 Kecamat Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memotivasi siswa dalam belajar, diharapkan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran yang menekankan pada kreatifitas dan kemandirian dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkarya

Keywords:

metoe pembelajaran, ilmu pengetahuan alam, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 50
Downloads Count: 64

Published

2022-12-02

How to Cite

Jubaedah. (2022). Penerapan Metode Belajar Kreatif Dan Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibentar Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 222–227. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/5833

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.