Penıngkatan Hasıl Belajar Pendıdıkan Kewarga Negaraan Melaluı Penerapan Model Pembelajaran Cooperatıve Learnıng Tıpe Role Playıng Dı Kelas IV Sekolah Dasar Negerı Cıbentar 1 Kecamatan Jatıwangı Kabupaten Majalengka
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN Cibentar 1. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penıngkatan Hasıl Belajar Pendıdıkan Kewarga Negaraan Melaluı Penerapan Model Pembelajaran Cooperatıve Learnıng Tıpe Role Playıng Dı Kelas IV Sekolah Dasar Negerı Cıbentar 1 Kecamatan Jatıwangı Kabupaten Majalengka. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibenta 1 Kecamatan Jatiwangi Kabupaten majalengka yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan deskriptif kualitif.. Peningkatan ini terjadi pada siklus I maupun siklus II dengan bukti adanya peningkatan pada: (1) Pelaksanaan pembelajaran konsep Pkn materi pemeritnahan provinsi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning di kelas IV SDN Cibentar I Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa, dan (2) Penggunaan model pembelajaran cooperative learning dalam pembelajaran konsep pengambilan keputusan bersama di kelas V SDN Cibentar I Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat dari perolehan nilai rata-rata kelas dari hasil tes siswa pada setiap tahapan siklus semakin meningkat yaitu, nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 49,41, pada siklus I sebesar 61,68, dan pada siklus II sebesar 73,53.