PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstrak
Masalah dari penelitian ini adalah masih kurangnya pengimplementasian keberagaman kebudayaan di Indonesia pada suatu bidang studi di sekolah terutamanya dengan nilai-nilai kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementaskan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal yang bisa diintegrasikan dengan bidang studi di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang akan memberikan gambaran beberapa kemungkinan jawaban untuk memecahkan masalah aktual dengan langkah-langkah mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikanya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi pustaka (library research) dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis jurnal-jurnal, buku, artikel dari peleniti sebelumnya. Dari penelitian ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai budaya lokal serta mampu mengintegrasikannya kepada semua bidang studi dalam kurikulum sekolah.