PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Penulis

  • Siti Nurhidayah Universitas Majalengka
  • Ayu Rahmawati Universitas Majalengka
  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka

Abstrak

Masalah dari penelitian ini adalah masih kurangnya pengimplementasian  keberagaman kebudayaan di Indonesia pada suatu bidang studi di sekolah terutamanya dengan  nilai-nilai kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementaskan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal yang bisa diintegrasikan dengan bidang studi di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang akan memberikan gambaran beberapa kemungkinan jawaban untuk memecahkan masalah aktual dengan langkah-langkah mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikanya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi pustaka (library research) dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis jurnal-jurnal, buku, artikel dari peleniti sebelumnya. Dari penelitian ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai budaya  lokal  serta mampu mengintegrasikannya kepada semua bidang studi  dalam kurikulum sekolah.

Kata Kunci:

Kearifan lokal, pendidikan multikultural

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 1554
Downloads Count: 3726

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nurhidayah, S., Rahmawati, A., & Saputra, D. S. (2022). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL . Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 33–39. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2788

Terbitan

Bagian

Articles