PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keterampilan komunikasi merupakan kecakapan abad 21, dimana keterampilan komunikasi ini mengacu pada kecakapan individu untuk berkomunikasi dengan baik, agar mampu menjadi generasi pembelajar abad 21 yang terampil. Selama ini keterampilan komunikasi kurang tersentuh dalam setiap pembelajaran termasuk di dalamnya pembelajaran IPA yang berujung pada kurang berkembangnya keterampilan komunikasi siswa. Menanggapi permasalahan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Model pembelajaran Project Based menekankan siswa untuk aktif dan belajar secara langsung hingga pada akhir pembelajaran siswa dapat menghasilkan sebuah proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimenal Design dikhususkan pada pola Nonequivalent Control Group Design, rancangan ini terdiri dari dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selanjutnya masing-masing kelas penelitian diberi penilaian pretest dan posttest dengan soal tes keterampilan komunikasi siswa menggunakan soal uraian sejumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan baik secara keseluruhan maupun secara tiap indikator analisis data pretest dan posttest terdapat perbedaan peningkatan keterampilan komunikasis siswa yang signifikan (Pvalue = 0,000) antara kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran Project Based Learning (rata-rata skor N-gain = 0,45) yang masih termasuk pada level sedang daripada kelas kontrol yang tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learnig (rata-rata skor N-gain = 0,11) termasuk ke dalam level rendah.