Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya siswa memahami konsep dengan baik pada pelajaran matematika kelas V SDN Sukakarya I. Dikarenakan selama ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika salah satunya belum optimalnya guru dalam menyajikan model pembelajaran serta jarang menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu belajar. Maka peneliti melakukan perbaikan melalui penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan media konkret sehingga pembelajaran efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran ketercapaian penerapan model Problem Based Learning berbantuan media konkret untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas V SDN Sukakarya I. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukakarya I sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dalam aspek kemampuan pemahaman konsep matematika penerapan model Problem Based Learning berbantuan media konkret pada siklus I adalah 52%, sedangkan setelah tindakan selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 35% dengan persentase 87%. Persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar (KKM) dalam pembelajaran matematika diperoleh hasil siklus I adalah 45% dengan peningkatan dalam siklus 2 adalah 86%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media konkret mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa di kelas V sekolah dasar.