PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGEMBANG POTENSI BELAJAR DALAM ASPEK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA
Abstrak
Membaca masih jadi kegiatan yang belum diminati para siswa. Di Indonesia sendiri dorongan untuk membaca sangat rendah. Kebiasaan sejak dini yang kurang dterapkan akan berdampak pada kelangsungan hidupnya. Sama halnya dengan pernyataan diatas maka penulis memiliki tujuan untuk membahas secara singkat. Dalam meningkatkan minat membaca pada siswa tentu harus di mulai sejak dini. Usia dini adalah usia dimana peserta didik mulai belajar mengenal huruf, proses pengenalan ini adalah proses awal untuk peserta didik dapat menguasai keterampilan membaca. kaitannya penggunaan media dalam proses belajar dapat meningkatkan potensi siswa yang akan menimbulkan suatu kemampuan yang dapat dikembangkan. Suatu kemampuan dapat berkembang jika diasah dengan baik dan untuk mempersiapkan pada jenjang selanjutnya. Dalam kehidupannya potensi belajar siswa hanya berfokus pada kognitif. Padahal potensi tidak selalu tentang kognitif tetapi pada aspek kreatif juga. Pemberian pembelajaran yang sesuai akan menimbulkan suatu potensi dan keterampilan yang baru mapun berkembang pada diri siswa. Dengan begitu butuh suatu media yang diperlukan dalam mengenalkan huruf kepada siswa. Sudah banyak media yang dapat digunakan dan sudah banyak media yang dicetak dan diperjual-belikan di pasaran. Dengan adanya media pembelajaran dan kesadaran dari diri sendiri maka diharapkan minat baca di Indonesia lebih meningkat dari sebelumnya. Sebagai pendidik juga disarankan untuk lebih menyampaikan ide-ide atau gagasan yang akan dituangkan dalam media ajar yang akan dgunakan nanti. Walaupun tidak semua materi pembelajaran tidak menggunakan media akan tetapi suasana dan penyampaian ataupun buku ajar yang digunakan haruslah menarik perhatian siswa yang membacanya