PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dicky Prastya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik integratif subtema “Hebatnya Cita-Citaku” kelas IV Sekolah Dasar setelah mengunakan multimedia interaktif Adobe flash. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengunakan multimedia interaktif Adobe flash dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Penggunaan multimedia  interaktif adobe flash juga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik . Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 71,42% dan siklus II sebesar 85,71% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,29%. Sedangkan dilihat dari skor rata-rata juga mengalami peningkatan. Dapat ditunjukkan dari gain score sebesar 0,36 pada siklus I menjadi 0,43 pada siklus II. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,07 dengan kategori gain score sedang.

Keywords:

Hasil Belajar, Tematik Integratif, Multimedia Interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 113
Downloads Count: 188

Published

2022-06-30

How to Cite

Prastya, D. (2022). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 48–59. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2867

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.