Penıngkatan Hasıl Belajar Melaluı Model Koperatıf Tıpe Pıcture & Pıcture Pada Pelajaran Tema 2

Authors

  • Syifa Nurul Auliani Universitas Pelita Bangsa
  • Liyana Sunanto Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penggunaan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture. Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurut Taqwa Cikarang Barat di kelas V dengan subyek sebanyak 14 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflection). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 35% dan pada siklus II mencapai 64%, peningkatan nilai dari siklus I dan siklus II sebesar 29%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tema 2 subtema 1 kelas V SDIT Nurut Taqwa Kecamatan Cikarang Barat Kab. Bekasi tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 66
Downloads Count: 154

Published

2023-07-31

How to Cite

Auliani, S. N., & Sunanto, L. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Melaluı Model Koperatıf Tıpe Pıcture & Pıcture Pada Pelajaran Tema 2. Journal of Innovation in Primary Education, 2(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/6325

Issue

Section

Articles