ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI DENGAN METODE SKM
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.7608Abstract
Praktek Kerja Lapangan merupakan penugasan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan mengikuti kegiatan suatu pekerjaan sesuai dengan bidang atau mata kuliah di lapangan dan menulis laporan kegiatan secara tertulis. Dalam era otonomi daerah, pelayanan publik yang sebelumnya mempunyai kesan buruk dapat berganti menjadi pelayanan yang berkualitas. Pelayanan melibatkan masyarakat dan pemerintah diharapkan keduanya mempunyai kepuasan dalam memberikan pelayanan maupun penerima pelayanan. Pemerintah yang merupakan pihak yang menyediakan layanan publik yang masyarakat butuhkan seharusnya menjalankan tanggung jawabnya dan senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan yang paling baik untuk meningkatkan pelayanan public Keberhasilan pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan publik, harus difokuskan pada pemenuhan kebutuhan masyarakat secara maksimal baik dari segi kualitas maupun 2 kuantitasnya. Penilaian kepuasan masyarakat dapat dinilai melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Salah satu instansi yang melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi (selanjutnya disebut Dukcapil). Tujuan penelitian ini yakni Untuk memperoleh suatu informasi terkait metode penilaian kepuasan masyarakat pada Dukcapil Kota Jambi serta Untuk mengidentifikasi kendala dalam penilaian kepuasan masyarakat pada Dukcapil Kota Jambi.
Keywords:
praktik kerja lapangan, dukcapil, SKMDownloads
References
Abubakar, R. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Agus, F. Y. (2006). Ketidakpaiapan Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Dinamika Cipta.
Dzulfadli, A. M. , B. W. M. (2019). Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Layanan di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi SulawesiTenggara. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 15(2), 228–239. https://http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/index
Kloter, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lestari, R. V. O. Reindra. , R. Zaili. , Y. F. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 118–123.
Oemar, H. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Bumi Aksara.
Pratama, Y. F. , Y. A. F. , M. A. , R. Y. , S. R. D. , S. St. (2021). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 197–210. https://doi.org/10.52316/jap.v17i2.67
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia . Grafika Offset.
Suwarman, U. (2016). Perilaku Konsumen Teori Penerapan Dalam Pemasaran . Gahlia Indonesia.
Yusuf, A. M. (2007). Kiat Sukses dalam Karier. Gahlia Indonesia.
Yusuf M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan. KENCANA.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Daffa Alfian Anugrah, Albet Triadi, Khairul Azryan, Rivaldi Riansyah, Ridho Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.