PENGARUH PENGGUNAAN E-MONEY DAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI DALAM PESPEKTIF SYARI’AH

Abstract Views : 326 / Downloads Count: 895

Authors

  • Faridatul Islami UIN Sultan Thaha Jambi
  • Rafidah UIN Sulthan Thaha Jambi
  • Puteri Anggi Lubis

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6072

Keywords:

sistem, pembayaran, E-Commerce, perilaku, konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-money dan sistem pembayaran shopee
paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam Pespektif
Syari’ah. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dan metode analisis data yang digunakan adalah uji
koefisien determinasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 sampel mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam UIN STS Jambi yang menggunakan E-money dan Shopee Paylater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
secara parsial Penggunaan E-money berpengaruh signifikan terhadap keputusan Perilaku Konsumtif dan Sistem
Pembayaran Shopee Paylater berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif. Secara simultan menunjukkan
bahwa variabel Penggunaan E-money dan Sistem Pembayaran Shopee Paylater berpengaruh signifikan terhadap
Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Hasil perhitungan koefisien
determinasi menunjukkan bahwa variabel Penggunaan E-money dan Sistem Pembayaran Shopee Paylater
terhadap Perilaku Konsumtif memiliki pengaruh sebesar 27,2% dan sisanya sebesar 72.8% dipengaruhi oleh
variabel lain di luar penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1–19. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669

Fauziah G. U., N. N. , N. N. ,. (2022). Pengaruh Fasilitas (Fitur) E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Stei Ar-Risalah Ciamis). Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 254–267.

Karmawan, I. G. M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Proses Bisnis E-Commerce pada Perusahaan Amazon.Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 748. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2237

Rohayedi, E. , M. (2020). Konsumerisme Dalam Perspektif Islam. Jurnal Transformatif , 4(1), 31–48. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF

Sihombing R., J. , A. N. , M. ,. (2017). Keabsahan Electronic Money Di Indonesia. Jurnal Kertha Semaya, 5(2). http://personalfinance.co.id/news/mengontrol-pengeluarandengan-

Utami, B. P. (2021). Praktek Kredit Barang Melalui Shopee Paylater Dari Marketplace Shopee Berdasarkan Hukum Ekonomi Islam Dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum (JIMHUM), 1(3), 1–13.

Downloads

Published

30-07-2023

How to Cite

Islami, F., Rafidah, & Lubis, P. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN E-MONEY DAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI DALAM PESPEKTIF SYARI’AH. INFOTECH Journal, 9(2), 339–344. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6072

Issue

Section

Articles