PENERAPAN CLEAN ARCHITECTURE DALAM MEMBANGUN APLIKASI BERBASIS MOBILE DENGAN FRAMEWORK GOOGLE FLUTTER

Abstract Views : 828 / Downloads Count: 623

Authors

  • Mohammad Bijantium Sinatria Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oman Komarudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5237

Keywords:

Framework, clean, architecture, mobile

Abstract

Saat membangun aplikasi berbasis mobile menggunakan Flutter, sebagian besar tersusun atas widget, yang merupakan kumpulan baris kode yang tersusun seperti pohon. Mengatur parent dari widget akan melakukan proses render ulang dari parent hingga child dari widget. Membangun aplikasi berbasis mobile dengan Flutter perlu menggunakan arsitektur yang tepat agar mudah beradaptasi atas perubahan yang terjadi. Saat melakukan perubahan, kemungkinan terjadi bug yang tidak disengaja selalu ada, efeknya menambah biaya risiko. Arsitektur yang tepat akan sangat mengurangi pengeluaran untuk melakukan pemeliharaan dan sangat mengurangi risiko kerusakan yang tidak disengaja. Oleh karenanya diperlukan Arsitektur yang tepat akan sangat mengurangi pengeluaran untuk melakukan pemeliharaan dan sangat mengurangi risiko kerusakan yang tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Clean Architecture dan SOLID Principle dalam membangun aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Google Flutter. Metode dalam penelitian ini menggunakan Agile with Scrum dan menggunakan framework Google Flutter. Hasilnya akan berupa sebuah kerangka dan penerapan dari setiap layer Clean Architecture dengan menerapkan SOLID Principle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif Abdillah, M. (2022). APLIKASI PENGELOLA KEUANGAN BERBASIS WEBSITE PADA [Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika]. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6092/1/18410200043-2022-UniversitasDinamika.pdf

Ahmad Josi. (2019). Sistem Operasi (Konsep dan Perkembangan Sistem Operasi).

Ahrens, M., Schneider, K., & Busch, M. (2019). Attention in software maintenance: An eye tracking study. Proceedings - 2019 IEEE/ACM 6th International Workshop on Eye Movements in Programming, EMIP 2019, 2–9. https://doi.org/10.1109/EMIP.2019.00009

Allain, H., Mario Di Francesco, P., & Mario Di Francesco Advisor, P. (2020). Improving productivity and reducing costs of mobile app development with Flutter and Backend-as-a-Service. https://aaltodoc.aalto.fi/handle/123456789/97522

Antani, V., & Stefanov, S. (2017). Object-oriented JavaScript : learn everything you need to know about object-oriented JavaScript with this comprehensive guide.

Boukhary, S., & Colmenares, E. (2019). A clean approach to flutter development through the flutter clean architecture package. Proceedings - 6th Annual Conference on Computational Science and Computational Intelligence, CSCI 2019, 1115–1120. https://doi.org/10.1109/CSCI49370.2019.00211

Christian, A., Hesinto, S., Patra No, J., Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, K., & Selatan STMIK Prabumulih, S. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal SISFOKOM, 07. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.278

David. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE OBJEK WISATA SECARA REAL TIME DENGAN AUGMENTED REALITY DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA. http://e-journal.uajy.ac.id/11939/

Dilkhaz Y. Mohammed, & Siddeeq Y. Ameen. (2022). Developing Cross-Platform Library Using Flutter. European Journal of Engineering and Technology Research. https://doi.org/10.24018/ejeng.2022.7.2.2740

Goncharuk Nikita. (2021). Development of the mobile application for university enrollees using Flutter [TOMSK STATE UNIVERSITY (NR TSU)]. https://vital.lib.tsu.ru/vital/access/manager/Repository/vital:14419

Hasanuddin, Asgar, H., & Hartono, B. (2022). RANCANG BANGUN REST API APLIKASI WESHARE SEBAGAI UPAYA MEMPERMUDAH PELAYANANDONASI KEMANUSIAAN. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 4. https://doi.org/10.51401

Hussam Hourani, Hiba Wasmi, & Thamer Alrawashdeh. (2019). A Code Complexity Model of Object Oriented Programming (OOP). Jordan International Joint Conference on Electrical Engineering and Information Technology (JEEIT). https://doi.org/10.1109/JEEIT.2019.8717448

Joshi, B. (2016). Beginning SOLID principles and design patterns for ASP.NET developers. In Beginning SOLID Principles and Design Patterns for ASP.NET Developers. Apress Media LLC. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-1848-8

Kadek Wibowo. (2015). ANALISA KONSEP OBJECT ORIENTED PROGRAMMING PADA BAHASA PEMROGRAMAN PHP. In Jurnal Khatulistiwa Informatika (Vol. 3, Issue DESEMBER). https://doi.org/10.31294/jki.v3i2.1662.g1214

Pandey Mohan, H. (2015). OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING C++ SIMPLIFIED.

Popli, R., & Chauhan, N. (2011). SCRUM: AN AGILE FRAMEWORK. International Journal of Information Technology, 4(1), 147–149. http://www.csjournals.com/IJITKM/PDF%204-1/30.Rashmi%20Popli1%20&%20Naresh%20Chauhan2.pdf

Rahman Fajri, A., & Rani, S. (2022). Penerapan Design Pattern MVVM dan Clean Architecture pada Pengembangan Aplikasi Android (Studi Kasus: Aplikasi Agree Partner). Official Scientific Journals of Universitas Islam Indonesia.

Rais, M. (2019). Penerapan Konsep Object Oriented Programming Untuk Aplikasi Pembuat Surat. Jurnal PROtek , 06(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/protk.v6i2.1242

Rheno Widianto, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Telemedika untuk Pasien Diabetes Berbasis Platform iOS. JURNAL MULTIMEDIA NETWORKING INFORMATICS, 2(1), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i1.1083

Robert C. Martin. (2017). Clean Architecture: A Craftsman’s Guide to Software Structure and Design.

Sanchez, D., Rojas, A. E., & Florez, H. (2022). Towards a Clean Architecture for Android Apps using Model Transformations. International Journal of Computer Science, Vol. 49(Issue 1). https://www.iaeng.org/IJCS/issues_v49/issue_1/IJCS_49_1_28.pdf

Santoso, S., Surjawan, D. J., & Handoyo, E. D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(3). https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.3071

Sarcar, V. (2016). Java design patterns : a tour of 23 gang of four design patterns in Java.

Sebastian Faust. (2020). Using Google ́s Flutter Framework for the Development of a Large-Scale Reference Application. https://epb.bibl.th-koeln.de/frontdoor/deliver/index/docId/1498/file/flutter-for-the-dev-of-large-scale-ref-app.pdf

Trodin, M. (2021). Applying the SOLID principles to JavaScript’s React library. http://uu.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1598927&dswid=3847

Turan, O., & TANRIÖVER, Ö. Ö. (2018). An Experimental Evaluation of the Effect of SOLID Principles to Microsoft VS Code Metrics. AJIT-e: Online Academic Journal of Information Technology, 9(34), 7–24. https://doi.org/10.5824/1309-1581.2018.4.001.x

Downloads

Published

12-05-2023

How to Cite

Sinatria, M. B., Oman Komarudin, & Prihandani, K. (2023). PENERAPAN CLEAN ARCHITECTURE DALAM MEMBANGUN APLIKASI BERBASIS MOBILE DENGAN FRAMEWORK GOOGLE FLUTTER. INFOTECH Journal, 9(1), 132–146. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5237

Issue

Section

Articles