Manajemen Peserta Didik Pondok Modern Al-Aqsha
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8161Abstract
Manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan pretasi pada Lembaga penbdidikan. Peserta didik dikelola dengan baik dan benar agar dapat di ukut keberhasilannya prestasi yang di dapatkan oleh peserta didik. Manajemen Peserta didik seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontiniu terhadap seluruh peserta didik dalam Lembaga pendidikan yang bersangkutan agar dapat mengikuti proses belajar-mengajar secara efektif dan efisien demi tercapainnya tujuan pendidikan yang telah diterapkan, adapun kegiatan manajemen peserta didik pada penelitian in adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peserta didik di SMA Plus Al-Aqsha. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena yang terjadi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa SMA Plus Al-Aqsha untuk dapat menunjang visi dan misi lembaga perlu mengkonsep manajemen peserta didik dengan matang dengan cara melakukan kegiatan perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik dan mutasi peserta didik..
Kata Kunci: Manajemen, Peserta didik, Lembaga Pendidikan
Keywords:
Manajemen, Peserta didik, Lembaga PendidikanDownloads
References
Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97-114.
Amelia, A., Simangunsong, A. S., Akmalia, R., Diastami, S. M., Halawa, S., & Tanjung, A. (2023). Manajemen Pembinaan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3394-3403.
Annas, A. N. (2017). Manajemen peserta didik berbasis kecerdasan spiritual pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132.
Badrudin. (2013). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.
Fathurrochman, I. (2022). Implementasi Manajeman Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(2), 129-136.
Jauhari, J., dkk. (2018). Manajemen peserta didik. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 192.
Nurjanah, H. (2018). Manajemen peserta didik. Bandung: UIN SGD BDG.
Qomaruddin, Q. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 75-98.
Rifa’i, M. (2018). Manajemen peserta didik. Medan: CV. Widya Puspita.
Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen peserta didik. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agus Samsul Nahar, Ari Ramadhana, Jaja Jahari, Mohamad Erihadiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work