Museum Pahlawan Nasional A.K. Gani Sebagai Sumber Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Nurul Monica Lestari Universitas Sriwijaya
  • L.R. Retno Susanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4239

Keywords:

Museum Pahlawan Nasional, Sumber Belajar, Sejarah Lokal

Abstract

Sejarah lokal merupakan jenis pembelajaran sejarah yang wajib diketahui peserta didik sebagai bagian dari masyarakat. Melalui sejarah lokal, peserta didik dapat mengenal persitiwa masa lalu yang terjadi pada suatu wilayah secara terstruktur dan terperinci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran museum sebagai sumber belajar sejarah lokal, dalam hal ini ialah Museum Pahlawan Nasional A.K.. Penelitian ini menguraikan latar belakang berdirinya Museum Pahlawan Nasional A.K., koleksi yang ada di dalamnya, hingga pemanfaatan museum tersebut sebagai sumber sejarah lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian berlokasi di Museum Pahlawan Nasional A.K., Kota Palembang. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data adalah tenaga pengajar SMA Negeri 13 Palembang dan buku, artikel, internet, foto, serta dokumentasi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah lokal di SMA Negeri 13 Palembang yang memanfaatkan Museum Pahlawan Nasional A.K. sebagai sumber belajar mendorong keaktifan peserta didik. Selama pembelajaran di museum, peserta didik menjadi lebih aktif, memiliki semangat belajar yang tinggi, tidak bosan atau jenuh dengan pelajaran sejarah yang hanya berupa teori saja, menambah sikap sosial, serta peserta didik mengaktifkan semua inderanya dalam kegiatan ekplorasi, mulai dari penelusuran, pengamatan, wawancara dengan tokoh narasumber hingga melakukan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aktekin, S. (2010). The place and importance of local history in the secondary history education. Journal of Theory and Practice in Education, 6(1), 86–105.

Bahri, S. (2015). Gawai Dayak sebagai Sumber Sejarah Lokal Tradisi Masyarakat Indonesia Sebelum Mengenal Tulisan. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 12(2).

Barton, K. C., & Levstik, L. S. (2004). Teaching History for the Common Good. Mahwah.

Bromage, S. (2013). Local History: A Gateway to 21st Century Communications. Maine Policy Review, 22(1), 98–100. https://doi.org/10.53558/qrvq3085

Cronin, M. (2009). Palgrave Advances in Irish History. In Palgrave Advances in Irish History. https://doi.org/10.1057/9780230238992

Douch, R. (1972). HAndbook of History Teachers. Routledge.

Goubert, P. (2015). Local History. Historical Studies Today, 100(1), 113–127.

Guntur, A. (2018). Kraton Buton Sebagai Sumber Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 85-98.

Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke-21. Jurnal Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61.

Hawkey, K. (1995). History teaching and the council of Europe. Teaching History, 78, 17–33.

Marcus, A. S., Metzger, S. A., Paxton, R. J., & Stoddard, J. D. (2017). Teaching History with Film: Strategies for Secondary Social Studies. Routledge.

Novandri, B. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Sumber Seajrah Lokal Daerah Sekitar Kota Tegal Terhadap Kesadaran Sejarah SZiswa SMA Negeri Se-Kota Tegal. Uneversitas Negeri Semarang.

Puspasari. (2019). Implementasi E-Museum Dr. A. K. Gani Palembang. Jurnal Dimas Mandiri, 3(2), 120–130.

Putri, Marwan, & Hariyono. (2017). Aplikasi Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Hardware Komputer. Edik Informatika, 71.

Sanjaya, W. (2015). Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media Group.

Seixas, P. (2008). Conceptualizing the Growth of Historical Understanding. The Handbook of Education and Human Development: New Models of Learning, Teaching and Schooling, 733–750. https://doi.org/10.1111/b.9780631211860.1998.00033

Setiawan, A. A. (2021). Perkembangan Museum Pahlawan Nasional dr. A.K. Gani Tahun 2004-2019 (Sumbangan Materi Pada Mata Kuliah Sejarah Lokal Sumatera Selatan). Universitas Sriwijaya.

Tim Sekretariat Direktorat Jendral Kebudayaan. (2012). Direktori Museum Indonesia. Sekretariat Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widja, I. G. (1991). Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengantaran Sejarah. Sinar Grafika.

Wineburg, S. (1986). Historical Thinking and Other Unnatural Acts. Kappan Magazine, 35(6), 81–94.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Lestari, N. M., & Susanti, L. R. (2023). Museum Pahlawan Nasional A.K. Gani Sebagai Sumber Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4239