Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural

  • Samsudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: nilai-nilai multikultural, strategi ekspositori, pendidikan agama islam

Abstract

Sebagai negeri yang memiliki keberagaman pemikiran dan pemahaman yang multikultural berarti siap menerima adanya berbagai macam budaya yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Maka dari itu sudah sepantasnya wawasan multikultural dibumikan dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pendidikan multikultural diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai plurarisme, humanisme dan demokrasi secara langsung kepada peserta didik. Adapun yang berperan sebagai aktor dalam proses penanaman nila-nilai multikultural terhadap peserta didik tersebut adalah guru. Lalu bagaimana strategi ekspositori guru PAI untuk menanamkan nilai-nilai multikultural tersebut, yang mana tugas guru memberikan pengetahuan keagamaan dan juga melaksanakan tugas pendidikan bagi peserta didiknya. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi ekspositori guru PAI untuk menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu, yang dijelaskan dalam tiga fokus yaitu: (1) nilai-nilai multikultural yang ada di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu, (2) Bagaimana strategi ekspositori Guru PAI untuk menanamkan nilai-nilai multikultural melalui PAI di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai multikultural di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu kab. Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari metode tersebut, kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP NU Syekh Bratakelana Kecamatan Mundu Kab. Cirebon yaitu: nilai toleransi, nilai gotong royong, nilai saling menghargai dan menghormati, nilai keadilan, nilai kebebasan, nilai kebersamaan dan persaudaraan (2) strategi ekspositori guru PAI dalam menanamkan nilai multikultural dilakukan melalui; pembelajaran, keteladanan, berbagai kegiatan, dan pembiasaan. (3) faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai multikultural yang meliputi faktor Internal dan Eksternal. Implikasi dari penelitian ini diantara lain tertanam di dalam diri siswa nilai-nilai multikultural diantaranya; toleransi, persaudaraan, dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan.

Published
2021-03-01
How to Cite
Samsudin, S. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 29-35. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.759
Section
Articles