Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7414Abstract
Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk memanusiakan manusia. Guru memiliki peran utama untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah adalah melalui kegiatan supervisi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPN yang ada di Kota Tasikmalaya Padangyang berjumlah 54 orang. Karena jumlah populasi kurang dair 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini dikenal dengan tatal sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket supervisi dan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Oktober 2023. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa supervise akademik merpakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan dan pendampingan guru untuk emningkatkan kualitas guru. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif supervise kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah pertama. Melalui hasil penelitian ini dapat dijadikan sarana bagi sekolah agar supervise akademik dilakukan rutin dan berkelanjutan untuk mengontrol kualitas guru dalam proses pembelajaran.
Keywords:
Supervisi kepala sekolah, kinerja guru, profesionalis guruDownloads
References
Adewale, O. S. (2014). Effective Academic Supervision by the Vice-Principals. Journal of Education and Human Development, 3(2), 607–617.
Afriyanli, H. K., & Sabandi, A. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 51. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3520
Ardana, P., & Hendra Divayana, D. G. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Arifian, F. D. (2019). Peran lembaga pencetak tenaga kependidikan (LPTK) dalam mempersiapkan generasi emas bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 26–38.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.
Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman
Moulina, D. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 181–184. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i3.303
Muchlison, A. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 2(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/257%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/download/257/186
Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95–103.
Novianty, D. (2012). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengetahuan Manajemen, Efektivfitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Yogyakarta: Deepublish.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123
Rahabav, P. (2016). The Effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice, 7(9), 47–55.
Rahim, Ilyas, G. B., & Azis, M. (2019). Pengaruh kompetensi profesional, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Insan Cemerlang Kabupaten Berau. YUME : Journal of Management, 2(1), 1–18.
Sukardi, R. (2017). Pendidikan nilai; Mengatasi degradasi moral keluarga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA (Vol. 1, pp. 305–312).
Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher’s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 126–132. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.07
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme : tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wahyudi, A., Thomas, P., & Setiyani, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–8.
Winarno, J., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). The role of principal academic supervision in improving the professionalism of teachers of state junior high schools. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 478–481.
Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663–671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gadriaman Gadriaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work