Peran Penilik dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru PAUD: Evaluasi Dampak Program dan Pengendalian Mutu
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6747Abstract
Jabatan fungsional penilik adalah tenaga kependidikan sebagai pelaksana teknis fungsional dengan tugas utama melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) berkedudukan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Keberadaan penilik sangat penting untuk peningkatan kualitas Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan kesetaraan dan keaksaraan serta kursus pada jalur Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI). Penilik dapat membantu guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja guru. Selain mebantu kepala sekolah dalam menjalankan peran sebagai guru, pemimpin, administrator, supervisor, motivator, pembaharu dan manajer dengan melaksanakan pembimbingan dan memberikan masukan kepada kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data sejauh mana peranan penilik dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAUD di Kecamatan Kotabaru, Karawang. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya peranan penilik yang langsung turun memberikan motivasi, terbukti mengalami peningkatan yang signifikan.
Keywords:
peran penilik, pengendali mutu dan evaluasi, motivasi kerja, guru PAUDDownloads
References
Abrar, A. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan interaksi pembelajaran peserta didik SD integral rahmatullah tolitoli. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 12(1), 30-37.
Afriani, D., & Okmandar, D. S. (2022). Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Di Tk Negeri Pembina Sabak Auh. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(3), 194-198.
Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51-57.
Fredianto, D. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kedisiplin dengan Kinerja Guru di SD. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).
Haderani, H. (2021). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Banjarmasin. AT-TARWIYAH, Jurnal STAI Al-Washliyah Barabai, 14(27), 49-60.
Henakin, S. T., & See, S. (2021). Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Katolik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 381-394.
Junaidi, F. (2020). Strategi Pembinaan Penilik Terhadap Pendidik Paud Melalui Pembimbingan Responsif Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Muara Bangkahulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 39-50.
Laha, M. B. (2020). Kinerja Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan di Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 80-88.
Mangkunegara, A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.
Maryadi, M. (2016). Kinerja Penilik Non Formal Di Kabupaten Boyolali Tahun 2016. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2).
Nining, A. S., Jaenab, J., & Wulandari, W. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bima. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 1(4), 392-405.
Perni, N. N. (2019). Kompetensi pedagogik sebagai indikator guru profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 175-183.
Pondrinal, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Kecamatan Mungka. Jurnal Ekobistek, 1-7.
Puluhulawa, C. W. (2013). Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual meningkatkan kompetensi sosial guru. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(2), 139-147.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.
Rohmani, N. (2020). Analisis angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144.
Sudarwati, S. (2018). Impelementasi Supervisi Individu Berkelanjutan (Indent) Penilik Sebagai Teknik Pembimbingan Pada Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Menghasilkan Mutu KBM. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2).
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumarni, S. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Mata Pelajaran Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone. JURNAL AL-QAYYIMAH, 2(2), 1-14.
Sunyoto, D., & Wagiman, W. (2023). Memahami Teori-Teori yang Membahas Motivasi Kerja. Eureka Media Aksara
Yuwenda, L. P. S., & Heryanda, K. K. (2022). Peran Motivasi Kerja Memediasi Stres Kerja pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Buleleng. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 24-32.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endah Rohyani, Hamid Patilima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work