PENERAPAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJAS

Authors

  • Didin Jaenudin SMP Negeri I Lemahabang Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.63

Abstract

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olah raga. Namun permasalahan muncul ketika siswa belum menyadari akan pentingnya pendidikan jasmani pada kehidupan mereka. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penulis mencoba menggunakan metode scaffolding sebagai solusi dari permasalahan tersebut dan dituangkan dalam sebuah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek  penelitian adalah tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri I Lemahabang Kabupaten Cirebon   Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa pada materi permainan Bola Voli. Berdasarkan hasil penelitian, metode scaffolding dalam pembelajaran permainan Bola Voli berdampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus  (36%), siklus I (60%), siklus II (96%). Dengan demikian disimpulkan, metode scaffolding dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani.

Keywords:

Metode Scaffolding, prestasi belajar, pembelajaran penjas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1009
Downloads Count: 662

Published

2019-12-16

How to Cite

Jaenudin, D. (2019). PENERAPAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJAS. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 130–137. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.63

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.