Manajemen Layanan Pembelajaran Daring Dengan Jenjang Akreditasi Berbeda di SMPN Kota Bandung Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1626Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat Manajemen Layanan Pembelajaran Daring (MLPD) pada sekolah dengan jenjang akreditasi yang berbeda dan implikasinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di 3 sekolah berbeda sesuai dengan jenjang akreditasinya. MLPD yang diukur adalah MLPD diantaranya adalah tangibilty, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Peneliti memilih SMPN 2 Bandung, sementara mutu sekolah sedang, penulis memilih SMPN 53 Bandung. Adapun sekolah dengan mutu rendah yaitu di SMPN 57 Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan angket untuk 5 aspek MLPD yang diteliti dan prestasi belajar. Uji statistik menggunakan uji korelasi product moment untuk melihat hubungan MLPD dengan prestasi belajar. Berdasarkan pengeolahan dan analisis data aspek MLPD yang terdiri dari tangibilty, reliability, responsiveness, assurance dan empathy pada sekolah tinggi, sedang dan rendah berkategori sangat tinggi. Hasil uji analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa MLPD berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan kategori kuat.
Keywords:
manajemen layanan pembelajaran daring, akreditasi sekolah, prestasi belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work