PENERAPAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJAS
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.63Abstract
Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Tujuan pendidikan jasmani bukan hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olah raga. Namun permasalahan muncul ketika siswa belum menyadari akan pentingnya pendidikan jasmani pada kehidupan mereka. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penulis mencoba menggunakan metode scaffolding sebagai solusi dari permasalahan tersebut dan dituangkan dalam sebuah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek penelitian adalah tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-H SMP Negeri I Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 30 siswa pada materi permainan Bola Voli. Berdasarkan hasil penelitian, metode scaffolding dalam pembelajaran permainan Bola Voli berdampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus (36%), siklus I (60%), siklus II (96%). Dengan demikian disimpulkan, metode scaffolding dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani.
Keywords:
Metode Scaffolding, prestasi belajar, pembelajaran penjasDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work