Media Pop-Up Book Bermuatan Permainan Tradisional Sasak Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6038Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak bagi siswa kelas III SDN 1 Lembah Sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono yang meliputi 10 tahapan penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 1 Lembah Sari. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media berupa pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak yang dilengkapi dengan barcode video permainan tradisional Sasak. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh 83,6% dengan kategori sangat layak, ahli media diperoleh persentase sebesar 94,2% dengan kategori sangat layak, respon guru diperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 93,6% dengan kategori sangat praktis, uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book bermuatan permainan tradisional Sasak terbukti sangat layak dan praktis digunakan untuk memberikan wawasan kepada peserta didik.
Keywords:
Media, pop-up book, permainan, tradisional, SasakDownloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Sosial Budaya, 9(1), 121–136. https://doi.org/10.24014/SB.V9I1.376
Arifin Munir, Z. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai Melalui Permainan Tradisional Anak Suku Sasak di MI NW Loang Sawak Lombok Tengah. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 397–403. https://doi.org/10.30738/TC.V4I1.5764
B., D. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri “Gatotkaca.” In Undergraduate Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (Cetakan I). Penerbit Laksita Indonesia Kws.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104. www.juliwi.com
Fazrin, K. Q., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Development of Pop-Up Book Media for Science Learning Content for Grade V Students in Elementary School. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 2(1), 182–197. https://doi.org/https://doi.org/10.57142/jesd.v2i1.91
Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/JS_UNPGRI.V6I1.14252
Hazmar, A. A., Hazmar, R., & Marlian, M. (2022). Pemanfaatan Media Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(2), 95–106. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V3I2.499
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://doi.org/10.23887/JPKU.V8I2.24759
Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568
Ibda, H. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi (H. Nashihin (ed.); III). Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=NQqjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Perancangan+atau+desain+media+mempertimbangkan+berbagai+hal+agar+menghasilkan+produk+yang+baik+dan+menarik&ots=1DUwnCZ5sj&sig=ouUQ84FtV35P-vcGD3O43c7eJlg&redir_esc=y#v=onepage&q&f
Irmansyah, J., Lumintuarso, R., Sugiyanto, F. X., & Sukoco, P. (2020). Children’s social skills through traditional sport games in primary schools. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 39–53. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28210
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86–92. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119
Khadijah, A. S., Hasan, K., & Passinggi, Y. . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 200–209.
Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/LB.V1I1.11
Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iv Min 1 Serang. Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155–166. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3700/2786
Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38644
Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1). http://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/39#
Mafit, A. A. (2019). Sistem Informasi Media Pembelajaran Permainan Tradisional Sasak-Lombok Berbasis WEB [Universitas Mataram]. In Journal Web-Based Learning System For Traditional Sasak Lombok Learning Media. https://perpustakaan.ft.unram.ac.id/index.php?p=show_detail%5C&id=8314
Mahisa, T. P., Barriyah, I. Q., Finanda, S. A., & Susanto, M. R. (2022). Perancangan Buku Pop-Up Permainan Tradisional Anak sebagai Media Pelestarian Keaifan Lokal Lombok NTB. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(3), 474–498. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i3.799
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V2N1.P1--12
Muhajirin, M., & Andriana, Y. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3474
Mutaqin, E. J., Nurjamaludin, M., & Alfiyanti, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Minat Belajar IPA (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas V SDN 1 Cibunar). CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1463
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1475
Nengsi, R. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 2.
Novitasari, R. D. (2018). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Budaya Pada. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 6(2), 13–22.
Nugrahani, R. (2011). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524
Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905
Rahmaniah, R., Hudri, M., Irwandi, I., Bafadal, M. F., Nurmiwati, N., & Hidayati, H. (2021). Permainan Edukasi Psikososial di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 218–223. https://doi.org/10.31764/JPMB.V3I2.2197
Rahmi, A., & Rustini, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.31004/AULAD.V6I2.462
Ramadhani, A. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 6–10.
Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Edukatif Pada Generasi Digital Natives. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. https://doi.org/10.24832/JPNK.V5I2.1639
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568
Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835
Safitri, T., Affandi, L. H., & Zain, M. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Permainan Tradisional Suku Sasak di Desa Babussalam Gerung Lombok Barat. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.29303/PENDAS.V3I1.1071
Safri, M., Sari, A., & Marlina, D. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 107–113.
Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.51178/JESA.V3I1.385
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.
Sofianto, A. (2016). Permainan Anak Masa Kini dan Kontribusinya Pada Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.
Tjahjaningsih, E., Untari, D. H., Radyanto, M. R., & Cahyani, A. T. (2022). Edukasi Permainan Tradisional Bagi Generasi Muda Dalam Upaya Pelestarian Permainan Yang Sudah Terlupakan Endang. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS No, 5(2), 96–100.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019a). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1–11. https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.857
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019b). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920
Wijayanti, S. P. (2018). Pengembangan Media Buku Budaya dalam Pembelajaran Wawasan Budaya Indonesia Pelajar BIPA Unesa. BAPALA, 5(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27314
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wafiqoh Nurul Azizah, Prayogi Dwina Angga, Moh. Irawan Zain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work