Media Mainan Peta Anak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5741Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa pada materi peta. Media pembelajaran yang selama digunakan diduga menjadi penyebab rendahnya siswa dalam memahami materi peta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Mainan Peta Anak (Mapena) pada materi peta untuk siswa kelas V SDN 193 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap analisis, di mana materi pembelajaran dievaluasi, kebutuhan guru dan siswa dianalisis, serta informasi awal yang diperlukan dikumpulkan. Tahap kedua adalah tahap perancangan, di mana media pembelajaran Mapena dirancang sesuai dengan kebutuhan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan, yang mencakup uji validitas media pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber, termasuk guru, siswa, validator, serta referensi seperti jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian terhadap aspek materi dari media Mapena mencapai persentase 87,5%, dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari segi aspek media, media Mapena memperoleh persentase 95,45%, juga dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan, validitas media Mapena mendapatkan nilai rata-rata sebesar 91,47%, sehingga media tersebut dapat dikategorikan sebagai sangat layak dan tidak memerlukan revisi.
Keywords:
media, Mapena (Mainan Peta Anak), Materi PetaDownloads
References
Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1-7.
Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889-4903.
Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya.
Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE model in development of physics unit convertion application based on Android as learning media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2).
Faudiyah, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mainan Peta Anak (MAPENA) Materi IPS Untuk Siswa Kelas V SD. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Lesmono, I. D., & Mulyadi, M. (2019). Perancangan animasi interaktif pengenalan peta indonesia sebagai media pembelajaran untuk anak sekolah dasar. EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2).
Mara, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Mamurov, B. (2019). Scientific basis of the acmeological approach to the process of training and education. Scientific Journal of Polonia University, 33(2), 125-128.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cros-border, 3(2), 96-105.
Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218
Rizky, N., Fuadiah, N. F., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan Media Puzzle Peta Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1128-1138.
Romadhotun, E. S. W. (2021). Aplikasi Pengenalan Peta Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Doctoral dissertation, Prodi Teknik Informatika).
Suwarti, S., Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140-151.
Syahputri, I., & Dafit, F. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 671-686.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khairunnisa Pulungan, Febrina Dafit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work