Toleransi Keragaman Keyakinan Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5067Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam profil pembentuknya. Salah satu Profil Pelajar Pancasila yaitu Berkebinekaan Global yang dalam implementasinya selalu mengupayakan terciptanya perdamaian dan keharmonisan sosial tanpa memandang golongan, suku, bangsa, maupun agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk toleransi keragaman keyakinan pada siswa dan relasi antara siswa muslim dengan nonmuslim di dalam lingkungan sekolah SDN 01 Kalicari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dikomputasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai bentuk toleransi keragaman keyakinan siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penelitian mengenai bentuk toleransi keragaman keyakinan siswa di sekolah adalah sebuah penelitian yang persiapannya sama dengan penelitian lainnya akan tetapi sumber dan metode pengumpulan data dengan mengambil data dari observasi, wawancara, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Penelitian mengenai bentuk toleransi keragaman keyakinan siswa di sekolah juga sebuah penelitian dan dapat dikategorikan sebagai sebuah karya ilmiah karena pengumpulan data dilakukan dengan sebuah strategi dalam bentuk metodologi
Keywords:
toleransi, keragaman keyakinan, siswa sekolah dasarDownloads
References
Anis F. J. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 1 Pamekasan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).
Arini, L. (2017). Pengembangan Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah Antara Siswa Muslim dan Non Muslim di SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 15(3).
Bahaf, M. A. (2015). Ilmu perbandingan agama. Penerbit A-Empat.
Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060-8064.
Dwi, A. (2017). Membangun sikap toleransi dalam pendidikan agama (Studi kasus di SMA Negeri I Mejayan) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Fakhruroji, M. (2005). Privatisasi Agama: Globalisasi dan Komodifikasi Agama. Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Ghufron, M. N. (2016). Peran Kecerdasan Emosi dalam meningkatkan toleransi beragama. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 4(1), 138-153.
Jatiningsih, O., & Widhayat, W. (2018). Sikap Toleransi Antarumat Beragama pada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Porong. Jurnal Kajian Moral Dan Kewaeganegaraan Jil III, Universitas Negeri Surabaya, 6(02), 03.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Khofipah, A. N. (2023). Peran Guru Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Multikultural Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 1 Cileungsi (Doctoral dissertation, Universitas Islam" 45" Bekasi).
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179-4188.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Muliadi, E. (2012). Urgensi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55-68.
Mutia, H. N. (2014). Perilaku Keberagaan Anak Di Yayasan Panti Asuhan Bumi Moro Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Dakwa Dan Komunikasi Universitas Islam Ar-Raniry.
Riski, R. S. (2020). Sekolah Sebagai Ruang Keberagaman Studi Relasi Antar Keyakinan di SMA Negeri 1 Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 45-50.
Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran toleransi dan keragaman dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amira Henny Mahmudah, Khusnul Fajriyah, Ikha Listyarini, Tutik Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work