PENERAPAN MODEL INQUIRY TRAINING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IXA SMPN 1 BALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.530Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Balongan Kabupaten Indramayu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang hanya mendapatkan rata-rata 58. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis telah melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Balongan pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Balongan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 82,36. Dengan demikian disimpulkan Penerapan model pembelajaran Inquiry Training dalam Pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords:
hasil belajar, inquiry training, IPADownloads
References
Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 93-100.
Anam, R. A. S. (2015). Efektivitas dan pengaruh model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 80-89.
Butar-Butar, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Upaya Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Di Kelas VIII-7 SMP Negeri 19 Medan. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 4(1).
Damayanti, I. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-12.
Desstya, A. (2016). Kedudukan Dan Aplikasi Pendidikan Sains Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200.
Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 96-104.
Fatimah (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Gormally, C. , Brickmann, P. , Hallar, B. , & Armstorng, N. (2009). Effects Of Inquiry-Based Learning On Students’ Science Literacy Skills And Confidence. International Journal For The Scholarship Of Teaching And Learning. 3(. 2), 1-21.
Hani, W. F. (2016). Pengaruh Model Inquiry Training disertai Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 315-320.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.
Kubicek, J. P. (2005). Inquiry based learning, the nature of science, and computer technology: New possibilities in science education. Canadian Journal of Learning and Technology. 31(1). 1-7
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107.
Minawati, Z., Haryani, S., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kahidupan Dalam Tumbuhan Untuk Smp Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(3).
Nahdi, D. S., Yonanda, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16. doi:http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nahdi, D. S., Ansori, Y. Z., & Khaerunisa, D. (2020). Efektivitas Model Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Nurjanah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IIA SDN 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252-266.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawati, T. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Untukmeningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Praktek Industri Pada Program Studi Pendidikan Tata Boga. penelitian-pendidikan, 482.
Solichah, A. P., Parmin, P., & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan lembar eksperimen ipa terpadu berbasis inkuiri dalam outdoor learning pada tema ekosistem. Unnes Science Education Journal, 2(2).
Susanti, P. D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1).
Vaishnav, R. (2013). Effectiveness Of Inquiry Training For Teaching Science. Scholary Research Journal for Interdisiplinary Studies. 1, 1216-1 Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21-30.
Wicaksana, B., & Budi, R. O. N. Y. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Tema Fotosintesis di SMP Giki-3 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(01).
Widyasari, R., & Karim, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Islam NU Pungkuran. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work