TEKNIK DASAR SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA 11-12 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.492Abstract
Permasalahan penelitian ini tentang rendahnya tingkat keterampilan teknik dasar bermain sepakbola di SSB Mandala Majalengka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar bermain sepakbola peserta didik di SSB Mandala Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan. Subjek uji coba adalah peserta didik SSB Mandala Majalengka yang terdiri dari uji coba kelompok kecil sejumlah 15 peserta didik dan uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket atau kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan teknik dasar sepak bola untuk anak usia 11 -12 tahun layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil akhir penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa teknik dasar sepak bola dinyatakan “Baik” dengan presentase 84% dan hasil penilaian dari ahli materi menunjukkan kategori “Baik” dengan presentase 90%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat kategori “Baik” dengan presentase 89% dan hasil uji coba kelompok besar mendapat kategori baik dengan presentase 92%.
Keywords:
Teknik Dasar, Sepakbola, anak usia 11-12 tahunDownloads
References
Akhmad Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Amung Ma’mum dan Yudha M. Saputra. (2000). Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak. Depdiknas.
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada
C. Asri Budiningsih. (2003). Desain Pesan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta..
Cinthya, Indrastyawati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Indera untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Xi SMA Negeri 2 Bantul. Yogyakarta: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta
Dadang Supriatna. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran. Diakses dari http://www.tkplb.org/documents/etrainingmedia%20pembelajaran/2.Penge nalan_Media_Pembelajaran.pdf. pada tanggal 17 Februari 2017, jam 11.07 WIB
Dwi Wahyu Utomo. (2011). Tingkat Kemampuan Dasar Bermain Sepakbola
Peserta didik SSB Putra Grabag Usia 10-12 Tahun. UNY. Skripsi.
Endang Rini Sukamti, dkk. (2011). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta:
FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Fathan Nurcahyo. (2011). Survei Kondisi Pemain Sepakbola PORPROV Kabupaten Sleman tahun 2011. POR-PJKR FIK UNY.
Fitri Hermawan Nurdiyah. (2010). Kemampuan Dasar Bermain Sepakbola Peserta didik
Kelas 2 SMP Negeri 2 Pandak. UNY: Skripsi.
Komarudin. (2011). Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Nurseto. (2011). “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik” Jurnal Ekonomi
& Pendidikan. 8 (1). Hlm. 19-35.
PSSI. (2016). LogBook Lisensi D. Yogyakarta: Diperoleh dari Mengielkuti Kursus Lisensi Pelatih Level D Nasional
Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Peserta didikntoyo dan Ali Saya Graha. (2016). Pengembangan Coloring Book and Puzzle Teknik Dasar Pencak Silat. Jurnal Olahraga Prestasi. ISSN. 0216-4493. Vol. 12. No. 1. Hlm. 2
Sucipto. dkk. (2000). Sepakbola. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti
Sugiyono. (2013). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, danKombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sukatamsi. (2001). Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo: Tiga Serangkai
Teguh Arifianto. (2011). Membuat Interface Aplikasi Andrioid Lebih Keren Dengan LWIT. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yanuar Kiram. (1992). Belajar Motorik. Jakarta : Dirjendikti.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work