Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Tingkatan Jenjang Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4431Abstract
Fenomena pandemi covid-19 beberapa tahun yang lalu menciptakan pola pembelajaran baru yakni pembelajaran daring. Guru dan siswa di Indonesia mulai terbiasa dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Ada dua jenis aplikasi yang sering digunakan dalam proses pembelajan daring yakni whatsapp dan zoom meeting. Kedua aplikasi ini memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Kedua aplikasi tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat apakah ada perbedaan penggunaan aplikasi whatsapp dan juga zoom meeting di jenjang pendidikan yang berbeda yakni jenjang pendidikan dasar (SD) dan jenjang pendidikan menengah (SMP) dalam menentukan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen factorial 2x2. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova 2 jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada interaksi antara jenis aplikasi pembelajaran daring dengan jenjang pendidikan terhadap hasil belajar siswa.
Keywords:
Pembelajaran Daring , jenjang pendidikan, whatsapp, zoom meetingDownloads
References
Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638.
Al-Ghozali, M. I. (2016). Penerapan Media Kcs (Komik Cerita Sejarah) Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu-Budha, Dan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V (PenelitianTindakanKelasterhadapSiswaKelas V SDN Ketib KecamatanSumedang UtaraKabupaten. Universitas Pendidikan Indonesia.
Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran dalam jaringan (daring) berbasis whatsapp di sd yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13–23.
Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1).
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1).
Hamid, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 166-174.
Hanifah, H., Salsabila, U. H., Ghazali, I., & Khoirunnisa, N. (2020). Strategi Alternatif Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eduscience, 7(2), 68-77.
Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429.
Kholifah, A. N., Siregar, N. N., & Wyrasti, A. F. (2022). Kendala Pendidik Matematika dalam Melaksanakan Pembelajaran Online Dimasa Pandemi COVID-19 di Papua Barat. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 212-221.
Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39.
Masitoh, S. N., Yuliyanti, I. D., Lestari, U. D. A., & Fitriyah, C. Z. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Melalui Media Whatsapp dalam Menumbuhkan Critical Thingking pada Siswa SD. FKIP E-PROCEEDING, 115–120.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.
Nenohai, J. M., Udil, P. A., & Blegur, I. K. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Bakti Cendana, 5(1), 23-32.
Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173-177.
Purnama, M. N. A. (2020). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121.
Tambunan, N. (2021). Penggunaan aplikasi whatsapp pada pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas V. Jurnal Pionir, 7(2).
Wibowo, N., Suswandari, M., & Widyastuti, E. (2022). Strategi Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 150-158.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221.
Yang, L., Liu, S., Liu, J., Zhang, Z., Wan, X., Huang, B., Chen, Y., & Zhang, Y. (2020). COVID-19: immunopathogenesis and Immunotherapeutics. Signal Transduction and Targeted Therapy, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.1038/s41392-020-00243-2
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marni Serepinah, Iva Sarifah, Nurjannah, Muhammad Iqbal Al Ghozali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work