Impelementasi Kompetensi Manajerial Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1494Abstract
Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk memutuskan penyusunan program, pelaksanaan dan penilaian pelaksanaan pendidik di SMA BPI 2 dan SMA Kartika XIX-3 Bandung. Ulasan ini menggunakan strategi yang jelas dengan metodologi kualitatif. Prosedur pemilahan informasi melalui observasi, pertemuan, dan dokumentasi. Subyek eksplorasi yaitu kepala sekolah maupun pengajar. Informasi diperiksa dengan cara mengurangi, menunjukkan, mencapai kesimpulan dan memeriksa informasi. Hasil kajian menunjukkan: 1) Program untuk lebih mengembangkan kinerja pendidik yaitu menyusun RPP, perencanaan dan penggunaan media pembelajaran, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam memahami, pembentukan guru dan tenaga kependidikan sebagaimana ditunjukkan oleh kebutuhan, lebih mengembangkan administrasi dalam mendukung latihan memahami, mempersiapkan dan berputar kembali ke efek samping dari penilaian pelaksanaan latihan pembelajaran. 2) Pelaksanaan program dimulai dengan pembagian tugas yang ditunjukkan dengan kemampuan dan penguasaan dengan menerapkan contoh pendekatan pendekatan lesson study antar pendidik. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk pengembangan lebih lanjut kinerja guru belum sesuai jadwal dan dilakukan secara normal dan tidak ada instrumen penilaian yang jelas maupun terukur.
Downloads
References
Aqib, Zainal. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendikia.
Arifin, Daeng. (2011). Kearifan Lokal dalam Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Al-Kasyap.
Arifin, Daeng. (2011). Keprofesionalan Guru. Bandung: Pustaka Al-Kasyap.
Arifin, Daeng. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Al-Kasyap.
Arikunto, Suharsiwi. (2006). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta. Aditya Media.
Cepi Berlian, Ujang. (2016). Manajemen Strategik Konsep dan Implementasi. Bandung: Khalifa Insan Cendekia Press.
Dirawat, et al. (1986). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Malayu, Hasibuan S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Manullang, M. (2006). Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press.
Masnur Muslich. (2009). KTPS (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Kontek Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet ke-VII.
Nanang Fattah. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Ramaja Rosda karya.
Poerwadarminto. (1997). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Raihani. (2010). Kepemimpinan sekolah transformstif. Yogyakarta. Pt LKiS Printing Cemerlang.
Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Kalam Mulia.
Rosyada, Dede. (2007). Paradigm Pendidikan Demokrasi Sebuah Model Peibatan Masayarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajawali.
Sudarwan Danim. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sule, E. Trisnawati dan Saefullah, Kurniawan. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Suryo Subroto. (1998). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan Sekolah.Jakarta: Bina Aksara.
Syaefudin, Udin dan Syamsuddin. M, Abin. (2009). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Terry, George. R dan Leslie W Rul. (1999). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Torang, Syamsir. (2013). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi. Alfabeta. Bandung.
Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Wibowo. (2008). Manajemen Perubahan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yamin, Mohamad. (2013). Ideologi Kebijkan Pendidikan. Malang: Madani.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work